Mudahkan Pencari Kerja, Disnaker Kota Bandung Luncurkan New BIMMA

KILASBANDUNGNEWS.COM – Sebagai salah satu solusi baru untuk mendongkrak dunia kerja yang terdampak pandemi Covid-19. Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung  meluncurkan aplikasi New Bimma, atau Bandung Integrated Manpower Management Application.

Kepala Disnaker Kota Bandung, Arief Syaifudin mengatakan, Aplikasi New Bimma ini merupakan inovasi baru untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan dari Disnaker Kota Bandung, dimana mereka dapat mengoptimalkan 30 layanan yang diakses melalui ponsel.

“Halnya seperti,  pembuatan AK-1/Kartu Pencari Kerja, Pelatihan dan pemagangan, uji kompetensi, pencatatan perselisihan dan masih banyak layanan lainnya terkait ketenagakerjaan,” kata Arief, usai launching New Bimma, di Hotel Papandayan, Senin (29/11/2021).

Menurut Arief, dengan adanya layanan digital New Bimma ini masyarakat yang membutuhkan AK-1 atau Kartu Pencari Kerja tidak perlu mendatangi kantor Disnaker Kota Bandung tetapi cukung mengisi data dan langsung cetak.

“Pada aplikasi New Bimma, terdapat juga kolom IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) yang bisa diisi sesuai dengan testimoni dan pengalaman masyarat saat menggunakan aplikasi tersebut,” tuturnya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bandung, Asep Saeful Gufron mengungkapkan, aplikasi New Bimma untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi ketenagakerjaan sekaligus untuk menjawab tantangan permasalah ketenagakerjaan di Kota Bandung.

“Saya harap ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat, khususnya di wilayah Kota Bandung. Dengan aplikasi ini para pencari kerja dapat menggali berbagai informasi penting mengenai ketenagakerjaan,” kata Asep.

“Saya minta inovasi segera disosialisasikan secara masif baik kepada masyarakat maupun ASN di Lingkungan Kota Bandung sehingga inovasi ini juga menjadi terbaik didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya. (Parno)