MU vs Liverpool: Duel Sengit Berakhir Tanpa Pemenang

KILASBANDUNGNEWS.COM – Manchester United mendominasi babak pertama dan unggul duluan, tapi Liverpool mencuri gol dari kelengahan tuan rumah di paruh kedua. MU vs Liverpool tuntas 1-1.

MU tampil apik sejak laga lawan Liverpool di Old Trafford, Minggu (20/10/2019) malam WIB dimulai. Mendominasi babak pertama, ‘Setan Merah’ beberapa kali mengancam lewat serangan-serangan cepat.

Dominasi mereka berbuah gol dari Marcus Rashford pada menit ke-36. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Liverpool mencoba merespons di babak kedua. Tapi ‘Si Merah’ dibuat frustrasi dengan pertahanan gigih dan rapat tuan rumah.

Namun upaya Liverpool tak sia-sia. Sebuah umpan silang dari Andy Robertson di menit ke-85 melewati kerumunan pemain MU dan dicocor Adam Lallana yang tak terjaga di tiang jauh.

Liverpool menekan MU di sisa waktu, tapi tak ada gol lain tercipta hingga pertandingan usai. Hasil ini tak mengubah posisi Liverpool, masih memimpin klasemen dengan kini mengumpulkan 25 poin dari sembilan laga.

Namun laju sempurna tim Merseyside tersebut terhenti, setelah sebelumnya memenangi delapan laga beruntun. Sementara MU kini ada di urutan 13 dengan 10 poin. Rashford dkk masih dua poin saja dari zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Belum kick-off, MU sudah mengubah susunan pemainnya. Axel Tuanzebe yang seharusnya jadi starter mengalami cedera saat pemanasan dan digantikan Marcos Rojo.

Liverpool mencoba melakukan serangan cepat di sisi kiri pada menit kedua, saat Divock Origi mengajak Victor Lindelof beradu kecepatan. Lindelof menguasai bola dan menahan Origi dengan baik untuk memenangkan pelanggaran dan meredakan tekanan.

MU tampil percaya diri di awal pertandingan dan menekan Liverpool. Sebuah tendangan bebas dimenangkan di menit ke-10, tapi tendangan Andreas Pereira bisa dipotong oleh Andy Robertson.

Liverpool merespons dengan serangan cepat tak lama berselang. Sodoran Sadio Mane diterima Roberto Firmino di sisi kiri. Penyerang asal Brasil itu coba menyelesaikan sendiri serangan tersebut, tapi sepakannya melenceng dan melambung.

Georginio Wijnaldum melakukan tusukan lewat tengah lapangan di menit ke-13. Ia melakukan percobaan dari jarak jauh, namun tendangannya masih terlalu lemah untuk David de Gea.

Rashford memimpin sebuah serangan cepat MU di menit ke-21. Menusuk di kanan, ia kemudian mengoper ke Pereira yang bergerak ke tengah dan mencoba melepaskan sepakan. Upayanya diblok saja.

Empat menit kemudian, giliran Scott McTominay beraksi. Ia merangsek dari tengah dan mengarahkan tendangan dari luar kotak penalti. Masih mudah untuk ditahan Alisson.

Rashford tampil agresif dan membangun peluang untuk MU di menit ke-26. Di sisi kiri, ia melewati tiga pemain untuk mencoba melepaskan umpan tarik, namun gagal karena tendangannya tak sempurna.

Nyaris Liverpool mendapatkan gol di menit ke-34. Mane terbebas di sisi kanan lalu menyodorkan umpan silang ke Firmino di tengah kotak penalti. Sepakan Firmino terlalu lemah dan mudah saja dinetralkan David de Gea.

GOL! MU mencetak gol di menit ke-36. Berawal dari Origi yang kehilangan penguasaan di bawah tekanan Lindelof, bola direbut MU dan dialirkan ke Daniel James di kanan. James lalu melepaskan umpan silang yang dicocor Rashford di depan gawang.

Gol ini sempat ditinjau lewat Video Assistant Referee (VAR) atas potensi pelanggaran terhadap Origi oleh Lindelof. Tapi pada akhirnya diputuskan tak ada pelanggaran dan gol tetap sah.

Liverpool membalas di menit ke-44. Umpan lambung Alexander-Arnold diterima Mane, lalu diceploskan ke dalam gawang. Tapi VAR memeriksa gol ini dan diketahui lebih dulu terjadi handball oleh Mane. Gol pun dianulir.

Tak ada gol lain hingga babak pertama tuntas. MU memimpin 1-0 atas Liverpool.

Liverpool meningkatkan intensitas di babak kedua. Sebuah umpan silang dari Robertson di menit ke-62 belum ada yang menyambar di dalam kotak penalti.

Alex Oxlade-Chamberlain mendapatkan bola di depan kotak penalti MU dua menit kemudian, lalu melepaskan tembakan mendatar. Masih melebar ke kiri gawang.

MU mengancam di menit ke-67. Selepas menerima umpan dari Pereira, Rashford menusuk dan mencoba melepaskan tembakan yang melebar saja ke kiri gawang.

Peluang lain dari MU di menit ke-72. Fred menyambar bola yang awalnya dikontrol oleh Pereira. Lagi-lagi masih melebar.

Liverpool mendominasi penguasaan bola di babak kedua, tapi kesulitan membongkar MU. Juergen Klopp memasukkan Naby Keita di menit ke-82 untuk menambah kreativitas, dengan catatan Adam Lallana sudah lebih dulu masuk 10 menit sebelumnya.

MU malah kembali mengancam di menit ke-84 lewat tusukan James di sisi kiri. Hanya saja umpan silangnya tak ada yang menyambar.

GOL! Liverpool menyamakan kedudukan di menit ke-85. Robertson mengirim umpan silang dari kiri dan bola dicocor Lallana yang terlepas dari penjagaan MU di tiang jauh.

Alexander-Arnold melepaskan tembakan keras dari depan kotak penalti di menit ke-88. Bola meluncur sedikit di atas mistar gawang.

Nyaris! Chamberlain melakukan percobaan dari depan kotak penalti di menit ke-92. Bola meluncur tipis saja ke sisi kanan gawang De Gea.

Sampai pertandingan selesai, tak ada gol lain tercipta.

Susunan pemain:

Manchester United: De Gea, Wan Bissaka, Lindelof, Maguire, Young, McTominay, Tuanzebe, Fred, Pereira (Brandon Williams 95′), Rashford, James

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Robertson, Henderson (Lallana 71′), Fabinho, Wijnaldum (Keita 82′), Mane, Firmino, Origi (Oxlade-Chamberlain 61′)

***