Masyarakat Masih Kurang Pahami PPDB

Lurah Pajajaran Kecamatan Cicendo Kota Bandung, Naning Yuningsih.

Bandung – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang setiap tahun berlangsung selalu terjadi permasalahan dalam pelaksanaan di lapangan. Penyebabnya antara lain karena kurangnya informasi masyarakat terkait PPDB tersebut.

Lurah Pajajaran Kecamatan Cicendo Kota Bandung, Naning Yuningsih mengatakan, pihaknya mengundang Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang PPDB mulai dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA sederajat.

“Tiap tahun PPDB ini suka ‘riweuh’ jadi sosialisasi ini sangat penting dan perlu diketahui oleh para orang tua,” ucap Naning, usai kegiatan sosialisasi PPDB di Kelurahan Pajajaran, Rabu (30/5/2018).

Nuning berharap para Ketua RW di Kelurahan Pajajaran yang hadir pada sosialisasi PPDB ini bisa menyampaikan kembali informasi anggota mereka dapat kepada para ketua RT masing-masing untuk selanjutnya disampaikan juga kepada masyarakat.

“Meski tiap pelaksanaan PPDB di Kelurahan Pajajaran tidak ada masalah tapi kami mengundang para Ketua RW untuk kemudian disampaikan kepada para Ketua RT yang jumlahnya sebanyak 69 RT, untuk disampaikan ke warganya, ini sebagai bentuk antisipasi,” katanya.

Sebanyak 15 perwakilan pengurus Rukun Warga (RW) di Kelurahan Pajajaran Kecamatan Cicendo Kota Bandung mengikuti sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 yang diadakan Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat.

Sekjen FAGI Iwan Hermawan mengatakan, sosialisasi tentang PPDB dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai aturan serta teknis PPDB di Kota Bandung yang saat ini masih menggunakan sistem zonasi maupun PPDB SMA dan SMK Jawa Barat.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung