Mapay Lembur di Sukasari, Emil Sungkem Lansia

Bandung – Kecamatan Sukasari jadi tujuan Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil Mapay Lembur, Jumat (24/8/2018). Usai melaksanakan “ground breaking” Puskesmas di Kecamatan Sukasari Jalan Geger Kalong Hilir, Ridwan Kamil menyusuri kecamatan Sukasari menggunakan sepeda kesayangannya.

Yayasan Pondok Lansia Tulus Kasih (YPLTK) Jalan Sarijadi Baru nomor 04 jadi persinggahan pertama. Emil, sapaan akrabnya sungkem kepada para lansia. Meski orang nomor satu di Kota Bandung, Emil tetap menunjukkan hormat sopan santunnya kepada orang tua.

Emil juga menyempatkan diri untuk berbincang dan bersenda gurau dengan para lansia. Ia pun berjanji akan kembali datang ke pondok yang merawat 28 lansia itu.

Setelah menyinggahi pondok lansia, kunjungan berlanjut ke kawasan Pangan Rumah Lestari (KPRL) kebun bibit, Jalan Sarimanah Tengah Blok 5 RW 03 kelurahan Sarijadi Kecamatan Sukasari.

Dirut PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdyana turut mendampingi Emil saat berbincang dengan warga RW 5. Mereka berbincang tentang kebersihan, pasokan air sampai penyelenggaraan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK).

Setelah puas berbincang dengan warga, Emil melanjutkan perjalanannya ke kantor Kelurahan Sarijadi. Di sana, ia berbincang santai sambil “ngopi” khas Sunda, ubi kukus dan kacang tanah di temani sebotol air putih khas PDAM Tirta Wening ‘Hana’ang’.

Tepat pukul 11:30, ia bergegas menuju masjid tidak jauh dari kantor kelurahan untuk melaksanakan salat Jumat.

“Di kesempatan ini saya mendoakan agar para jamaah di masjid selalu dalam lindungan Allah. Kita doakan sehatkan selalu, Kota Bandung lebih baik maju dan bahagia,” tuturnya.

Usai salat Jumat, Mapay Lembur ditutup dengan botram di balai RW 02 kelurahan Sarijadi. Nasi liwet, jengkol, tahu tempe dan lalapan menjadi peringkat utama menu makan siang. Seusainya makan, ia pun berinteraksi dengan masyarakat dan tradisi ibu-ibu ber- selfie bersama.

Emil mengapresiasi karena balai RW yang disinggahinya merupakan balai RW yang Juara.

“Saya keliling ke Bandung, ini balai RW yang keren. Paling bagus, luas dan bersih, ini nilainya A,”ujarnya.

Camat Sukasari, Zamzam Nurzaman merasa senang karena wilayahnya disinggahi oleh Wali Kota Bandung.

“Alhamdulillah Sukasari disinggahi pak wali. Ini jadi salah satu kebanggaan warga Sukasari,” ujarnya.***