Mahasiswa Tanam Bambu Langka di Bandung Zoo

Mahasiswa yang tergabung dalam Akademi Citarum, menanam bambu spesies langka di Bandung Zoo, Selasa (11/12/2018).

Bandung – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Akademi Citarum melakukan penanaman bambu jenis Bambu Betung dan Bambu Mayang yang merupakan species langka endemik dari Jawa Barat.

Penggagas Akademi Citarum Mastok Setyanto mengatakan penanaman bambu langka di Bondung Zoo dilakukan untuk menambah koleksi bambu yang sebelumnya dimiliki oleh Bandung Zoo, yaitu 8 speceis bambu.

“Bandung Zoo itu tempat paling mudah pelajaran konservasi, alamnya hijau, lingkungannya baik untuk hewan pendatang seperti burung-burung liar,” ucap Mastok, di Bandung Zoo, Selasa (11/12/2018).

Menurut Mastok, jika melihat lingkungan yang ada, penanaman bambu di Bandung Zoo sangat cocok sehingga diharapkan nantinya bisa menjadi Arboretum Mini yang melengkapi spesies bambu yang sebelumnya sudah ditanam pihak pengelola.

“Selain kita menanam spesies Bambu Betung dan Bambu Mayang, ke depan kita menyusul spesies lain karena dengan di lahan sekitar 14 hektare yang diapit sungai Cikapundung dan Cikapayang, ke depannya kita berharap menjadi tempat pembelajaran,” ucapnya.

Sementara itu, Holifah Nurmaliki, yang merupakan pelaksana kegiatan tanam bambu menyatakan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para mahasiswa khususnya tentang keberadaan bambu dan kegunaannya.

“Saat ini masih banyak masyarakat khususnya mahasiswa yang belum paham secara luas manfaat dan fungsi tanaman bambu,” ujarnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro