Kualitas Sekolah di Kota Bandung Semakin Merata

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Bandung – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai saat ini sudah banyak sekolah swasta memberikan kualitas pelayanan pendidikan yang sangat bagus. Sehingga menurutnya masyarakat tak perlu khawatir apabila tidak masuk ke sekolah negeri dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020 ini.

“Makanya soal zonasi di PPDB ini rasanya tidak juga harus selalu dipermasalahkan, karena memang bahwa kualitas swasta tidak kalah baiknya,” kata Yana di Balai Kota Bandung, Rabu (22/5/2019).

Yana menuturkan, saat ini Pemerintah Kota Bandung terus mendukung upaya agar kualitas pendidikan di Kota Bandung bisa merata. Sehingga, sambung dia, tidak ada lagi sekolah berlabel favorit lantaran semua sekolah memiliki kualitas yang sama.

“Mungkin ini sekadar stigma saja bahwa sekolah negeri itu sekolah favorit. Saya pikir sekarang pemerataan pendidikan sudah semakin baik khususnya di Kota Bandung,” ujarnya.

Dari pengamatannya, sekolah swasta bukan hanya menawarkan soal pendidikan formal saja. Namun, banyak sekolah swasta yang justru memiliki keunggulan di bidang lain.

“Kalau kurikulum kelihatannya harus mengikuti, cuma ekstra kulikuler sama kegiatan tambahannya semua sekolah punya keunggulan masing-masing dan sekolah swasta juga sudah baik,” ungkapnya.

Untuk itu, Yana berharap masyarakat Kota Bandung tidak perlu minder karena menempuh pendidikan di sekolah swasta. Sebab, sekolah swasta pun kini memiliki peluang dan daya dukung yang sama untuk mengukir prestasi.

“Pada dasarnya semua sekolah itu baik dan punya tujuannya juga baik. Jadi jangan ada dikotomi antara sekolah negeri dan sekolah swasta anak-anaknya sama dimana pun bisa berprestasi,” katanya.***