Bandung – Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan terus  menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di Jawa Barat terkait fasilitas AKSes (acuan kepemilikan sekuritas).

Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan KSEI, Nina Rizalina mengatakan, sosialisasi dan edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan fasilitas AKSes yang merupakan fasilitas perlindungan investor Pasar Modal Indonesia serta memberikan informasi terbaru tentang pengembangan infrastruktur yang dilakukan KSEI.

“Dengan AKSes ini para investor dapat memantau langsung portofolio investasinya pada lembaga yang diberikan mandat untuk menyimpan data portofolio sesuai UU Pasar Modal,”  ucap Nina, di Bandung, Senin (16/4/2018).

Nina mengharapkan, sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran kepada investor untuk senantiasa memanfaatkan fasilitas AKSES guna mencegah penyalahgunaan wewenang dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Manfaatkan fasilitas ini, investor memiliki akses langsung untuk melihat investasinya serta melakukan kontrol langsung kemungkinan adanya pihak lain yang menggunakan akses kita,” ucapnya.

Nina menambahkan, pihaknya tengah mengembangkan fasilitas AKSes terbaru menjadi AKSes Next Generation (AKSes Next-G) dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan mudah digunakan oleh para investor.

“Dengan fasilitas AKSes Next-G terbaru ini, nantinya tidak hanya investor saja yang bisa menggunakannya, tetapi juga perusahaan efek, perbankan hingga masyarakat umum yang bisa mengakses berbagai informasi yang berkaitan dengan pasar modal,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung