Kota Bandung Miliki Puspaga, Wadah Pembinaan Keluarga dan Calon Orang Tua

Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meyakini keluarga sebagai partikel terkecil di masyarakat memegang peranan yang amat penting. Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak-anak.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial kepada para pengurus Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) periode 2018-2023 yang baru saja dilantik di Pendopo Kota Bandung Senin (14/1/2019).

Puspaga merupakan wadah pembinaan keluarga yang diketuai langsung oleh Istri Wali Kota Bandung, Siti Muntamah Oded M Danial, didampingi Iip Saripudin (ketua harian), Yuria Pratiwhi Cleopatra (sekretaris) dan Zulfitri Yulianti (bendahara).

Puspaga akan menjadi pusat pembinaan bagi keluarga, terutama para orang tua maupun calon orang tua. Menurut Oded, penting memahami bagaimana cara untuk mendidik anak dengan baik.

“Dari keluarga, seorang anak mulai menerima ajaran etika dan moral yang cenderung selalu diingat dibandingkan dengan pendidikan formal. Sehingga orang tua harus memberi bimbingan yang baik sebagai pondasi dasar untuk anak menjalani kehidupan selanjutnya,” ucap Oded

“Keluarga adalah tempat ternyaman dan terbaik untuk anak, agar ketika ia kembali ke rumahnya bisa betah sehingga dapat menguat ketika ia menghadapi masa depan,” imbuh ayah 7 putri itu.

Kendati begitu, ia mengakui, mewujudkan cita-cita itu bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang bisa membuat keluarga rentan dalam menghadapi bahtera rumah tangganya.

“Cita-cita itu tidak sederhana, tidak semua keluarga mampu mengasuh anak sesuai tuntunan agama dan etika. Ketidakpahaman keluarga utk mengasuh itu tidak jarang membuat pengasuhan anak disertai kekerasan, baik secara fisik, mental atau seksual. Tidak sedikit kekerasan justru dilakukan keluarga terdekat,” katanya.

Oleh karena itu, hadirnya Puspaga menjadi media untuk lebih menguatkan peran keluarga dalam membangun peradaban Kota Bandung yang lebih kokoh secara fisik maupun mental. Sebab generasi yang unggul datang dari keluarga yang kuat.***