Kilas Bandung, Senin (14/1/2019)

KilasBandung – Sebanyak 8 persen dari 1 juta angkatan kerja di Kota Bandung masih menganggur. Untuk mengurangi jumlah pengangguran, Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung di tahun 2019 menitikberatkan berbagai program penyerapan tenaga kerja di antaranya pemagangan dan pelatihan keterampilan.

Pemerintah Kota Bandung mendapat penghargaan BPJS Ketenagakerjaan Jawa Barat untuk kategori pemerintahan karena dinilai berhasil menambah jumlah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Kota Bandung meraih juara ketiga, sedangkan  peringkat pertama diraih Kota Bekasi dan peringkat kedua direbut Kota Bogor.

Pemerintah Kota Bandung terus berupaya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintah daerahnya. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan masih tersisa sekitar Rp500 miliar aset yang belum terinventarisasi atau lebih dari 2,5 persen batas minimal untuk mendapatkan opini WTP.

Pemerintah  provinsi maupun kota dan kabupaten akan terus melakukan pendampingan terhadap korban perdagangan manusia atau human trafficking. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jawa Barat Poppy Sophia Bakur mengatakan, pendampingan diperlukan untuk memberikan motivasi maupun pemahaman kepada korban.

Menjelang pemilu 2019, Kota Bandung membutuhkan aula kecamatan yang lebih luas untuk menyimpan logistik pemilu serentak 2019. Menurut Ketua KPU Kota Bandung Suharti kebutuhan ini mendesak karena aula juga akan digunakan untuk menggelar rapat pleno dan perhitungan suara.

Pemerintah Kota Bandung akan membantu KPU Kota Bandung dalam penyediaan gudang untuk keperluan Pemilu 2019. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan akan melakukan berbagai upaya agar partisipasi pemilu tetap tinggi.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.