Kominfo: Jaringan Komunikasi Daerah Terdampak Tsunami Selat Sunda Masih Lancar

Bandung – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia memastikan infrastruktur telekomunikasi seluler maupun jaringan telekomunikasi tetap lancar dan tidak terjadi kerusakan setelah terjadi tsunami Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemenkominfo RI, Ferdinandus Setu mengatakan, secara keseluruhan jaringan komunikasi di daerah terdampak masih masih bisa digunakan meski ada beberapa BTS yang tidak berfungsi normal karena padamnya listik di sejumlah kawasan, yakni Banten dan Lampung Selatan.

“Secara umum layanan telekomunikasi seluler telah berjalan normal sampai dengan hari ini pukul 07.00 WIB,” kata Ferdinandus dalam keterangan resminya, Minggu (23/12/2018).

Menurut Ferdinandus, Kemenkominfo bersama penyedia layanan telekomunikasi terus berupaya untuk memulihkan pasokan catu daya listrik dengan mobile backup power dan tim lapangan sudah siap menuju lokasi BTS untuk menyiapkan genset atau melakukan penggantian baterei.

“Tim lapangan tengah standby dan menuju lokasi BTS untuk menyiapkan genset serta melakukan penggantian baterei sebagai catu daya BTS di kawasan yang mengalami pemadaman listrik,” katanya.

Ferdinandus juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan hoaks atau informasi yang belum tentu kebenarannya terkait peristiwa alam tersebut, melalui internet maupun media sosial.***


Rep: Suparno Hadisaputro