Kilas Bandung, Sabtu (4/8/2018)

KilasBandung – Kemacetan lalu lintas di wilayah Bandung Raya masih terjadi terutama pada jam-jam tertentu, meski berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah daerah. Penjabat Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan mengatakan, memiliki gagasan perlunya pembangunan tol dalam kota untuk mengurangi terjadinya kemacetan lalu lintas di dalam kota Bandung. Atas gagasan tersebut, Iriawan menyatakan telah ditemui oleh sejumlah investor untuk ditindaklanjuti.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan kurban tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terus melakukan pengawasan secara ketat terhadap hewan-hewan yang masuk ke Jabar. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika menjelaskan, pengawasan dilakukan untuk mencegah penyakit menular seperti antrak kepada hewan, yang akan dijual sebagai hewan qurban. Salah satu bentuk pengawasan tersebut dengan memeriksa hewan-hewan tersebut sebelum masuk ke Jabar dan Kota Bandung, melalui cek point-cek point yang ada di sejumlah titik masuk ke Jabar.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengklaim iklim harmonisasi antara para buruh dengan pengusaha di Kota Bandung sudah terjalin dengan baik dan harmonis. Salah satu indikatornya adalah minimnya aksi unjuk rasa buruh asal kota Bandung. Emil berharap, situasi kondusif ini akan terus tercipta, terlebih Pemkot Bandung sudah memiliki Perda Nomor 4 Tahun 2018, mengenai ketenagakerjaan.

Kepolisian Daerah Jawa Barat terus memburu jaringan teroris, khususnya terkait organisasi Jamaah Ansyarut Daullah, yang telah dinyatakan sebagai organisasi terlarang oleh Pemerintah Republik Indonesia. Kapolda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto menjelaskan, penangkapan para terduga teroris ini, selain untuk mematikan jaringan organisasi terlarang, juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, sekaligus sebagai bentuk kesiapan Polda Jabar dalam mengamankan jalannya perhelatan akbar Asean Games 2018. Polda Jabar sudah mengamankan sebanyak 37 orang terduga teroris di wilayah Jawa Barat.

Puluhan tenda akan meramaikan Keukeun 2018, sebuah festival kuliner tahunan yang digelar di Kota Bandung dengan berbagai informasi, pertunjukan keahlian serta mengedukasi para pengunjung. Ketua Pelaksana Keukeun 2018 Fransisca Anindya mengatakan, dengan mengusung tema ‘Delightful Discoveries’, Keuken ke-9 ini, akan menghadirkan sederet kolaborator yang terus berinovasi dan memperkenalkan ragam budaya Indonesia melalui industri kuliner tradisional hingga kekinian. Menurutnya, festival Keukeun akan digelar hari Minggu besok di Lapangan Yonkav 4, Jalan Salak, Turangga, Bandung.

Di sisa masa jabatannya, Walikota Bandung Ridwan Kamil masih melakukan kegiatan mapay lebur, yang merupakan ajang silaturahmi sekaligus tempat curhat aparat kewilayahan dan warga masyarakat. Emil menuturkan, selain sebagai ajang silaturahmi dengan warga, biasanya dalam kegiatan mapay lembur sering terbesit sebuah inspirasi, untuk mengubah kondisi suatu tempat agar menjadi lebih baik lagi. Namun yang pasti lanjut Emil, tingkat keberhasilan sebuah wilayah atau kecamatan diukur dengan kepuasan masyarakat dalam segi pelayanan publiknya.***