Kilas Bandung, Rabu (10/10/2018)

KilasBandung – Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyatakan Program Nasional Indonesia Bersih yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat sangat selaras dengan program 100 hari Pemkot Bandung yaitu Program Bebersih Kota Bandung. Menurut Oded gerakan bebersih kota Bandung menjadi salah satu upaya untuk membuat kota Bandung bersih dan harus masif dilaksanakan oleh semua unsur yang ada, mulai dari ASN hingga ke masyarakat.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B) Iwan Suhermawan menilai pelayanan PD Pasar Bermartabat tidak optimal. Salah satu indikasinya adalah dengan lambatnya penerbitan Surat Tempat Izin Berjualan (STIB) sehingga menghambat para pedagang untuk memperoleh kredit dari sektor perbankan. Menurut Iwan, sebagai lembaga yang mengelola pasar, PD Pasar Bermartabat Kota Bandung seharusnya melakukan pembinaan terhadap para pedagang termasuk memberikan edukasi atau pelatihan agar para pedagang di pasar-pasar tradisional bisa berjualan dengan baik dan profesional.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan upaya antisipasi kebakaran bukan hanya dengan menyediakan alat pemadam kebakaran namun yang lebih penting lagi adalah mengedukasi para pedagang untuk disiplin dalam penggunaan peralatan listrik dan kompor. Oded mengatakan sudah memberikan instruksi kepada PD Pasar Bermartabat untuk lebih memperhatikan tingkat keselamatan yang ada di pasar.

Sebanyak 40 orang pengemudi, yang terdiri dari perwakilan Perusahaan Otto Bus di wilayah Jawa Barat, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Abdiyasa Teladan Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh PT Jasa Raharja Jawa Barat bekerjasama dengan Polda Jabar, Dishub Jabar dan DPD Organda Jabar. Kepala PT Jasa Raharja Cabang Jawa Barat, Eri Martajaya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pengemudi angkutan umum, untuk terciptanya pengemudi yang menjadi teladan bagi pengemudi lain terkait keselamatan berlalu lintas.

DPP Organda memberikan apresiasi kepada PT Jasa Raharja yang telah menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Abdiyasa Teladan Tahun 2018 bagi para supir. Wakil Sekretaris Jenderal DPP Organda, Jonggir Sitorus mengharapkan, para supir yang mengikuti pelatihan dapat membagikan materi yang didapatkan kepada supir lainnya di tempat mereka bekerja. Jonggir juga berharap ke depannya para supir ini menjadi supir perintis dan teladan dalam keselamatan selama dalam berkendaraan.***