Kilas Bandung, Kamis (31/5/2018)

KilasBandung – Pemerintah Kota Bandung terus mendorong masyarakat agar mau membeli daging beku yang dijual di pasar tradisional maupun pasar modern. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Walsiah mengatakan, selain dijamin kesehatannya, harga daging beku relatif lebih murah dibandingkan daging segar. Elly mencontohkan, di negara-negara maju, daging yang beredar di pasaran adalah daging beku karena terjamin kesehatannya.

Sejumlah aparat kewilayahan dan perwakilan Pengurus RW di Kelurahan Pajajaran Kecamatan Cicendo Kota Bandung mengikuti sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 yang diadakan oleh Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI). Sekjen FAGI Iwan Hermawan mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai aturan serta teknis PPDB di Kota Bandung maupun PPDB SMA/ SMK di Jawa Barat. Iwan menegaskan, selain melakukan kritik terhadap kebijakan pemerintah mengenai pendidikan, kegiatan ini adalah sebagai bentuk nyata dari FAGI dalam membantu pemerintah kota/ kabupaten juga provinsi dalam sosialisasi PPDB.

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang setiap tahun berlangsung selalu terjadi permasalahan dalam pelaksanaan di lapangan. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya informasi kepada masyarakat terkait PPDB tersebut. Lurah Pajajaran Kecamatan Cicendo Kota Bandung, Naning Yuningsih mengatakan, pihaknya mengundang Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) untuk melakukan sosialisasi tentang PPDB mulai tingkat TK, SD, SMP hingga SMA sederajat. Naning berharap, para Ketua RW di Kelurahan Pajajaran yang hadir pada sosialisasi PPDB ini, bisa menyampaikan informasi tersebut kepada para ketua RT masing-masing, untuk selanjutnya disampaikan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung, Eric M. Attauriq mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan secara ketat terkait perkembangan harga bahan pokok terutama harga daging ayam. Eric menuturkan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, selalu ada kenaikan harga daging ayam pada H-7 Lebaran hingga pasca Lebaran. Untuk mengantisipasi kenaikan harga ayam potong, Pemkot Bandung akan memasok daging ayam hingga pasca Lebaran sehingga masyarakat tidak perlu panik dan melakukan pembelian daging ayam dengan jumlah yang besar.

Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan Kota Bandung kini memiliki program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang ditujukan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Menurut Kepala Seksi Informasi dan Pengaduan Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan Kota Bandung, Hendri Agustina BPNT merupakan program pemerintah pengganti rastra. Mekanismenya KPM datang ke warung, bank atau agen yang ditunjuk untuk menggesek Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke mesin EDC yang tersedia. Dalam bincang singkat bersama reporter LPS PRSSNI, Hendri mengatakan program sudah berjalan dengan baik. KPM menerima bantuan non tunai sebesar Rp110.000 yang bisa dicairkan dalam bentuk beras dan telur seharga bantuan yang diterima.***