Kilas Bandung, Kamis (20/12/2018)

KilasBandung – Untuk memantau arus lalu lintas dan mengantisipasi kriminalitas di Kota Bandung, Polrestabes Bandung berencana membangun sendiri ruang pemantau command center closed camera television. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mendukung upaya tersebut namun diimbau agar terkoneksi dan terintegrasi ke Bandung Command Center milik pemerintah Kota Bandung.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan saat ini sangat penting menyosialisasikan gerakan cinta tanah air sebagai aksi bela negara kepada kaum milenial. Menurut Yana, penanaman nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air bisa dilakukan melalui di antaranya melalui pertunjukan seni budaya.

Pembuatan berbagai administrasi kependudukan di Kota Bandung kini bisa dilakukan secara online mengggunakan ponsel pintar atau smartphone. Kepala Disdukcapil Kota Bandung Popong Nuraeni mengatakan pembuatan dokumen administrasi kependudukan yang bisa diajukan melalui smartphone adalah akta kelahiran, akta kematian, akta perceraian dan surat keterangan pindah ke luar daerah.

Pemerintah Kota Bandung selalu memberikan perawatan kepada orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ jika mereka kedapatan berkeliaran di Kota Bandung. Kepala Dinas Sosial dan Penganggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Tono Rusdiantono mengatakan kondisi tersebut justru menyebabkan banyak ODGJ dari luar daerah yang dibuang ke Kota Bandung.

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat bersama Polda Jabar dan Jasa Raharja telah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi periode libur Natal dan Tahun Baru. Kepala Dinas Perhubungan Jabar Dedi Taufik mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas lalu lintas angkutan jalan seperti rambu-rambu, PJU, serta pengecekan armada transportasi umum.

Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin atau RSHS Bandung berhasil mengeluarkan peluit yang tersangkut selama dua bulan di dalam tenggorokan Asep Yaya, anak berusia 9 tahun, warga Kabupaten Bandung Barat. Tim dokter RSHS melakukan tindakan endoskopi selama sekitar tiga puluh menit untuk mengeluarkan peluit dari tenggorokan Asep.***