Kilas Bandung, Jumat (6/7/2018)

KilasBandung – Wakil Walikota Bandung Oded Muhammad Danial menyebutkan seorang pemimpin harus memiliki setidaknya dua karakter utama, yaitu karakter moral dan karakter kinerja. Di hadapan para pelajar yang akan mewakili Kota Bandung dan Indonesia dalam ajang Petaling Jaya International Leadership Youthcamp di Petaling Jaya, Malaysia, Oded menuturkan karakter moral itu harus bisa menunjukan Ahlakul Karimah sebagai orang beragama dan memiliki kearifan sebagai masyarakat etnis Sunda. Sedangkan karakter kinerja adalah mampu memacu dan menunjukan kinerja dalam memimpin organisasi pemerintahan dengan efektif dan efesien.

Salah satu wujud konkrit kerjasama Sister City antara kota Bandung dan Petaling Jaya Malaysia adalah dengan adanya pelatihan pelajar tentang kepemimpinan. Asisten Pemerintahan dan Kesra, Pemerintah Kota Bandung, Kamalia Purbani mengatakan, Petaling Jaya International Leadership Youthcamp merupakan salah satu bentuk pelatihan kader kepemimpinan tersebut. Menurut Kamalia, kerjasama antara kota Bandung dan Petaling Jaya itu sudah berlangsung sejak tahun 2015 lalu, dalam bidang pengembangan SDM.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat memastikan calon siswa yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas bisa menggunakan 2 jalur pendaftaran jika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu melalui jalur Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan jalur reguler. Sekretaris Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Propinsi Jawa Barat, Dian Peniasiani mengatakan, untuk calon siswa berkebutuhan khusus yang mendaftar ke Sekolah Luar Biasa (SLB), maka nantinya dalam proses belajar mereka akan bersamaan dengan siswa berkebutuhan khusus yang lain. Jika mendaftar ke jalur reguler, maka mereka akan bersama-sama dengan siswa lainnya yang masuk melalui jalur reguler, dengan catatan saat mendaftar harus membawa dokumen hasil penilaian dari ahli layanan khusus.

Pemerintah Kota Bandung mentargetkan bisa meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia. Wakil Walikota Bandung, Oded Muhammad Danial mengatakan, raihan WTP merupakan salah satu Pekerjaan Rumah dirinya, jika nanti secara resmi menjabat sebagai Walikota Bandung periode 2018-2023. Yang pasti menurut Oded, untuk meraih WTP tersebut diperlukan kerjasama semua komponan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasliah mengapresiasi para peternak domba dan kambing di kota Bandung yang tergabung dalam Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kota Bandung. Elly menuturkan, apresiasi itu diberikan karena ternak domba maupun kambing asal kota Bandung, selalu meraih juara dalam lomba di tingkat Propinsi Jawa Barat maupun tingkat nasional yang memperebutkan piala Presiden.***