Kilas Bandung, Jumat (22/3/2019)

KilasBandung – Besarnya jumlah penduduk menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menjanjikan bagi negara-negara lain yang ingin menjual produknya. Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengatakan kondisi tersebut tidak bisa dihalang-halangi di era pasar bebas saat ini, terlebih Indonesia juga menjual barang produksinya kepada negara lain.

Pemerintah mengajak seluruh komponen bangsa menyukseskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres yang digelar 17 April 2019 mendatang. Dalam Apel Siaga Pengamanan Pemilu 2019, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pesta demokrasi tersebut harus sukses tanpa diwarnai adanya insiden yang dapat merugikan masyarakat.

Pemkot Bandung sudah memiliki SDM untuk mendukung pelaksanaan program Kang Ujang atau Tukang Uji Timbangan. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan personil Kang Ujang direkrut dari masyarakat pasar yang membantu petugas dari metrologi kota Bandung.

Sejak tahun 2016, tingkat pengangguran di Kota Bandung semakin berkurang. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Asep Cucu Cahyadi menyebutkan turunnya angka pengangguran di Kota Bandung merupakan keberhasilan dari kolaborasi antara Pemerintah dan pengusaha.

Meski agak sulit menentukan besarannya, hasil kerajinan atau handycraft yang diproduksi UMKM Kota Bandung harus memiliki nilai jual. Kurator Dekrasnasda Kota Bandung Eliati Jakaria Suciawan mengatakan para pengrajin harus terus diedukasi agar mereka bisa menentukan harga jual produknya.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.