Kementrian BUMN Bantu Sambungan Listrik Rumah Tangga Kurang Mampu

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno sedang memastikan sudah terpasangnya sambungan listrik di rumah warga dalam melalui kunjungan kerja ke Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Kamis (12/7/2018).

Bandung – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno kembali memberikan dukungan bagi peningkatan rasio elektrifikasi dan perbaikan taraf hidup masyarakat.

Dukungan tersebut ditunjukkan melalui kunjungan kerja ke Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Kamis (12/7/2018).

Kunjungan ke Tasikmalaya sebagai langkah menteri BUMN dan Dirut PLN untuk memastikan keseluruhan pelaksanaan program penyambungan listrik melalui Sinergi BUMN kepada 40.000 masyarakat atau rumah tangga tidak mampu di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Untuk tahap pertama, bantuan dari BUMN untuk sambungan listrik ini diberikan kepada 8.000 KK di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut (9.400 KK), Kabupaten Pangandaran (3.000 KK), Kabupaten Sukabumi (7.000 KK), Kabupaten Tasikmalaya (10.000 KK), dan 2.600 KK di Kabupaten Serang, Banten.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri BUMN Rini M. Soemarno berkesempatan melakukan dialog bersama warga Desa Cikupa di Kecamatan Karangnunggal yang mendapat bantuan penyambungan listrik gratis. Dalam kesempatan itu, Rini juga memastikan warga bisa menikmati listrik untuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi penerangan maupun penggunaan alat-alat elektronik di rumahnya.

“Saya mendengar bahwa ada warga yang berlistrik tapi itu diambil dari rumah yang sudah berlistrik (Levering). Dengan bantuan sambungan listrik melalui Sinergi BUMN kepada masyarakat, warga sepenuhnya akan menikmati listrik langsung dari PLN,” ucapnya.

Rini berharap upaya ini bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik secara penuh dan menopang kegiatan ekonomi rumah tangga.

Rini juga terus mendorong BUMN-BUMN untuk meningkatkan kepeduliannya bagi perbaikan elektrifikasi melalui sebuah sinergi dan saling bahu membahu sehingga bisa mendorong perbaikan taraf kehidupan masyarakat.

“Selain wilayah Kab. Tasikmalaya, sinergi BUMN mendorong elektrifikasi rumah tanga kurang mampu juga dilakukan di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut dan Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung