Kemenhub Bersama PT KAI Sediakan Angkutan Motor Gratis

Bandung –  Sebagai upaya mengurangi kecelakaan di jalan raya dan kepadatan lalu lintas saat Angkutan Lebaran 2019, Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia menyelenggarakan Angkutan Motor Gratis (Motis) 2019.

Kegiatan yang akan dimulai pada 27 Mei – 2 Juni 2019 untuk arus mudik, dan mulai 8 -13 Juni 2019 untuk arus balik dengan total kapasitas motor yang dapat diangkut setiap harinya adalah 1.392 motor atau total 18.096 selama 13 hari pelaksanaan.

Dalam program Motis ini ada 3 relasi yang dilayani oleh KAI untuk Angkutan Motis 2019, yaitu Lintas Utara: Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo,  Cepu, Bojonegoro, Babat, Surabaya Pasarturi.

Untuk Lintas Selatan,  melalui Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo.

Serta jalur Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya Pasarturi.

Untuk mengikuti program ini, masyarakat harus mendaftar melalui online atau langsung di posko motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Cimahi,  Kiaracondong, Depok Baru, dan Tangerang.

Adapun detail pendaftaran program Motis ini adalah sbb:

  1. Pendaftaran Online. Pendaftaran Angkutan Motis dilakukan pada 12 Maret – 25 Mei 2019 di situs mudikgratis.dephub.go.id.

2. Pendaftaran di Stasiun:

  • Pendaftaran Angkutan Motis disertai Pembelian Tiket KA Ekonomi Komersial dan PSO (selama kuota masih tersedia) dilakukan pada 12 Maret-13 Mei 2019.
  • Pendaftaran Angkutan Motis dilakukan pada 14-25 Mei 2019.
  • Pendaftaran Angkutan Motis untuk contra flow/daerah dilakukan di  stasiun-stasiun persinggahan KA Motis pada 28 April-12 Juni 2019.

Untuk syarat dan ketentuan terkait pendaftaran Angkutan Motis ini selengkapnya dapat dibuka pada situs mudikgratis.dephub.go.id atau menghubungi Contact Center Kemenhub di 151.***


Rep: Suparno Hadisaputro