Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Maryoto. Sumber Foto: Istimewa

Bandung – Kepolisian Daerah atau Polda Jawa Barat mencatat terjadi penurunan tingkat kriminalitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Jawa Barat.

Menurut Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto, penurunan tingkat kriminalitas cukup signifikan selama masa penyelenggaraan Pilkada saat ini, yaitu berkisar antara 15-20 persen setiap harinya dari sekitar 70-80 kasus setiap harinya.

“Justru kriminalitas turun. Kriminalitas selama kampanye turun,” kata Agung saat ditemui wartawan, Kamis (5/4/2018).

Agung menyebutkan penurunan gangguan Kamtibmas ini tidak lepas dari pengerahan personil kepolisian untuk terus berpatroli. Aparat pun semaksimal mungkin berada di tengah-tengah masyarakat saat masa kampanye Pilkada.

Soal titik rawan di Jawa Barat, seluruhnya menjadi perhatian polisi. Agung mengaku telah memerintahkan kepada seluruh kapolres dan jajarannya agar tidak lengah menjaga keamanan dan ketertiban wilayahnya masing-masing selama Pilkada Jabar 2018.

“Kemudian dibantu dari TNI ada 27 satuan setingkat kompi sekitar 2.700 orang yang sudah tersebar di kabupaten kota. Saya hanya intruksikan kepada kapolres tidak boleh underestimate. Artinya kalau ada potensi seperti itu lakukan langkah solusi antisipasi,” tegas Kapolda. ***

Suparno Hadisaputro/ Kilas Bandung/ LPS PRSSNI Bandung