Jelang Hari Listrik Nasional ke-78, PLN Sambungkan Listrik Gratis bagi Warga Prasejahtera

KILASBANDUNGNEWS.COM – Menuju Hari Listrik Nasional ke-76 yang diperingati pada 27 Oktober 2023, Srikandi PLN terus bergerak berbagi kebahagiaan di tengah masyarakat, salah satunya melalui kegiatan penyambungan listrik gratis.

General Manager Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Susiana Mutia beserta tim Srikandi PLN UID Jabar memberikan bantuan sambungan listrik gratis kepada 53 rumah warga prasejahtera di Kampung Nanjung, Desa Biru, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung (20/10/2023).

Susiana mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program Srikandi Movement PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat.

“Srikandi Movement merupakan media Srikandi PLN dalam melakukan intervensi program dengan berbagi ilmu, keahlian, tenaga untuk memberikan kemanfaatan masyarakat sekitar dan berkontribusi untuk membantu menyelesaikan masalah sosial, lingkungan di masyarakat sekitar,” kata Susiana.

Menurut Susiana, bantuan listrik ini bentuk kolaborasi antara PLN bersama anggota DPR RI Komisi VII, Diah Nurwitasari yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat sekaligus meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat. Namun, karena alasan ekonomi, masih ada masyarakat yang belum dapat menikmati listrik. Oleh karena itu, PLN menyalurkan bantuan akses listrik agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraannya,” ujarnya.

Susiana berharap bantuan listrik dari PLN dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari-hari.

“Bagi keluarga penerima manfaat, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dan jangan lupa menyisihkan penghasilan untuk membeli token, agar anak-anak bisa belajar dengan baik, dalam rangka menyiapkan generasi yang unggul,” tuturnya.

Susiana menjelaskan bahwa bantuan penyambungan listrik gratis PLN tidak hanya berasal dari aksi Srikandi Movement namun juga dari program Jabar Caang yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jabar, dan program Light Up The Dream yang dananya berasal dari donasi pegawai PLN.

Anggota DPR RI Komisi VII, Diah Nurwitasari, bersyukur aspirasi dari DPR disambut baik oleh PLN melalui Srikandi Movement Bantuan Listrik Gratis karena semakin banyak masyarakat yang mendapatkan kemanfaatan dari program yang dilaksanakan.

“Sangat berterima kasih kepada PLN yang telah berkenan membuat program sambung listrik gratis di Desa Biru Majalaya terlaksana. .Bagi masyarakat yang menerima bantuan agar fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh Negara dalam hal ini melalui PLN juga bisa dipelihara dengan sebaik-baiknya, digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, tidak disalah gunakan supaya memang panjang dan kita terus bisa melakukan kebaikan-kebaikan unuk yang lain-lainnya,” kata Diah.

Diah juga mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan listrik dengan cerdas agar listrik berguna dan menghasilkan karya yang positif.

“Alhamdulillah dengan adanya listrik anak-anak juga malam hari bisa belajar, ibu-ibu bisa jadi punya usaha sendiri dirumah, meningkatkan pendapatan keluarga, dst sehingga apa yang diberikan pihak PLN bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tutur Diah.

Sementara itu, Elis Rayati warga RT 01/21 Kampung Nanjung, Desa Biru, mengucapkan terima kasih kepada PLN karena dia kini telah memiliki kWh meter sendiri. Elis mengatakan selama ini dia nebeng sambungan listrik dari kakaknya.

“Alhamdulillah, sekarang sudah terpasang dan tanpa mengeluarkan biaya. Terima kasih kepada PLN dan Ibu Dewan, Ibu Diah. Dengan sambungan gratis ini saya bisa jualan jus,” katanya.

Senada dengan Elis, Aloi warga RT 01/21 menyambut baik bantuan listrik PLN dan akan emnggunakannya untuk memasak dan penerangan rumah.

“Saya tidak punya apa-apa, tinggal hanya berdua dengan anak dan 2 cucu saya. Anak saya tidak bekerja karena harus merawat anak dirumah. Oleh karena itu, terima kasih banyak diberi sambungan listrik gratis,” ujar Elis. (Parno)