JBI Apresiasi Pemilu Aman dan Kondusif

Bandung – Pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif yang berlangsung secara serentak pada 17 April 2019, terlaksana dengan aman, lancar dan kondusif.

Jaringan Bandung Inisiatif (JBI) memberikan apresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara, TNI/ Polri yang turut menjaga keamanan pelaksanaan Pemilu serta KPPS dan seluruh lapisan masyarakat yang sangat mendukung pelaksanaan Pemilu hingga berjalan sesuai yang diharapkan.

Ketua Umum Jaringan Bandung Inisiatif (JBI), M. Arry Mulya Subagja mengatakan, pihaknya patut bersyukur atas penyelenggaraan Pemilu di Indonesia khususnya di Jawa Barat dapat berjalan dengan aman dan kondusif meski sejumlah petugas mulai dari KPPS, aparat kepolisian hingga petugas pengawas meninggal dunia saat bertugas.

“Satu sisi kita bersyukur Pemilu bisa berjalan dengan kondusif, tapi disisi lain kita prihatin banyak petugas yang meninggal saat bertugas,” kata Arry, kepada wartawan di Graha Tirta Siliwangi, akhir pekan kemarin.

Arry juga menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya para pendukung pasangan Capres dan Cawapres untuk bisa menahan diri dan tidak merayakan secara berlebih dengan hasil hitung cepat yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei.

“Kita tunggu hasil hitung real count yang dilakukan KPU pada Mei nanti, hindari saling tuding kecurangan yang bisa berakibat perpecahan,” ucapnya.

Arry juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa menerima seluruh keputusan yang dikeluarkan KPU terkait hasil Pemilu dengan lapang dada dan jika tidak puas dengan hasil tersebut masyarakat bisa menyampaikannya melalui jalur hukum.

“Gunakan sesuai prosedur jika tidak puas, jangan saling mengejek, kami mengajak kepada masyarakat kedua pendukung untuk jaga persatuan dan kesatuan serta sudahi saling tuding dan menyebar kebohongan,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro