Jaring Donatur Lintas Badan Usaha

PMI
MEMERIKSA: Petugas mengolah darah di Laboratorium Palang Merah Indonesia (PMI), Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (9/7/2015). Untuk meningkatkan pelayanan dan menjamin ketersediaan fasilitas, pemkot Bandung meluncurkan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) bertepatan dengan awal Ramadan

prssnibandung.com, SUMUR BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial berharap, pencanangan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) bisa maksimal dalam meraih donator. Sebab, bulan Ramadan bukan hanya diwajibkan untuk ibadah puasa, akan tetapi bulan ini penuh barokah. Menurut Oded, bulan Ramadan penuh cinta kasih dan penuh ampunan, serta bulan yang ditetapkannya Allah SWT untuk seluruh kaum muslim khususnya menyelenggarakan sedekah sebanyak-banyaknya.

”Harus diakui, keberadaan PMI telah menjadi kontributor penghormatan terhadap jiwa dan kehidupan kemanusiaan. Sejak perjuangan kemerdekaan hingga sekarang dengan memberikan bantuan meringankan penderitaan sesama manusia,” tukas politikus PKS tersebut usai menjadi pembina apel pagi sekaligus meresmikan Pencanangan Bulan Dana PMI Kota Bandung Tahun 2016 di Plaza Balai Kota Bandung kemarin (6/6).

Apapun latar belakangnya, dengan tidak membedakan agama, bangsa, suku, golongan bahkan warna kulit dan bahasa. Peran tersebut tidak terlepas dari dukungan segenap komponen dari masyarakat, baik dalam bentuk donasi dana maupun sumbangan dalam rangka mengembangkan tanggung jawab kemanusisaan.

”Oleh karena itu, berkenaan dengan Pencanangan Bulan Dana PMI Tahun 2016, diadakan setiap tahun di masing-masing kota seluruh Indonesia. Maka saya harap bukan semata mata mengumpulkan dana. Akan tetapi, yang lebih penting lagi adalah memelihara dan meningkatkan semangat kedermawanan dalam rangka sosialisasi PMI untuk membantu meringankan beban penderitaan sesama manusia,” ujar Oded.

Hal itu, menurut Oded, penting untuk dipahami. Sebab, potensi bencana kemanusiaan boleh jadi tidak akan lebih ringan dibandingkan dengan keadaan masa kini. Maka, diperlukan langkah-langkah antisipasi dengan menggalang potensi yang ada di masyarakat.

Bukan hanya aspek finansial, akan tetapi dalam bentuk dukungan moral. Bahkan tugas-tugas pengelolaan transfusi darah, pelayanan sosial dan kesehatan, serta pembinaan generasi muda melalui aktivitas Corps Suka Rela (CSR).

”PMR akan menjadi media untuk meraih partisipasi masyarakat sehingga akan menguatkan persiapan PMI dalam menghadapi tugas ke depannya,” ujar Oded.

Terkait, Pencanangan Bulan Dana PMI Kota Bandung Tahun 2016, Oden memandang, kegiatan tertsebut harus menjadi momentum penguatan bagi sejumlah persoalan yang dihadapi Kota Bandung, khususnya di bidang kesehatan.

Sementara itu, Ketua Harian PMI Kota Bandung Atalia Praratya Kamil menjelaskan, pencanangan Bulan Dana PMI Kota Bandung dalam menghimpun sumbangan masyarakat berupaya dibarengi dengan menyosialisasikan peran dan fungsi PMI pada masyarakat, meningkatkan jiwa dan semangat kebersamaan serta saling tolong menolong anatar sesama.

”Waktu penyelenggaraan pelaksanaan Bulan Dana PMI Tahun 2016 akan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung mulai tanggal 1 Juni sampai 31 Agustus 2016 dan akan diperpanjang 1 bulan apabila belum mencapai target panitia,” jelas Atalia.

Yang menjadi sasaran, panitia akan menjaring atau menghimpun dana melalui bidang sumber pelayanan pajak daerah melalui sektor pengusaha badan nasional, sektor pajak reklame, BUMN & BUMD, pembuat akta kelahiran, pelanggan listrik, pelanggan telpon, pelanggan air minum, jasa pelayanan PT POS Indonesia, pengusaha produk usaha kecil dan menengah,

”Di bidang perizinan melalui pemohon sim, pemohon pajak kendaraan bermotor, balik nama kendaraan bermotor, KIR mobil dan pemohon sertifikat tanah. Pelayanan perizinan terpadu Kota Bandung yaitu PNS melalui kolektor Badan Kepegawaian Daerah Kota Bandung dan SKPD se-Kota Bandung,” tegas Atalia.

Selain itu, di bidang kesehatan melalui apotek, labolatorium, rumah sakit, klinik pratama dan klinik utama, calon jamaah haji Kota Bandung.

Sedangkan di Kewilayahan terdapat potensi RW Sekota Bandung. Spontanitas melalui pengusaha atau donatur, pengunjung mall dan penumpang pesawat terbang Bandara Internasional Husein Sastranegara. Target perolehan bersih bulan dana tahun 2016 cukup besar. Hal itu tidak mudah dicapai, oleh karenanya, dia mohon dukungan dan peran aktif dari seluruh jajaran panitia dapat bekerja keras bersama-sama agar mendapat target yang diharapkan.

Harapannya, pelaksanaan Bulan Dana PMI Kota Bandung tahun 2016,  dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. ”Mudah-mudahan seberapapun besarnya sumbangan yang diberikan, akan mendapatkan lipat ganda dari Allah SWT. Karena Bulan Dana PMI diselenggarakan pada bulan Ramadan. Mudah-mudahan dana yang terkumpul benar benar dapat meringankan beban orang-orang yang membutuhkan, serta panitia bulan dana PMI dapat berkonsentrasi pada tugas-tugas kemanusiaan selanjutnya,” pungkas Atalia. (edy/fik)