Istana Kepresidenan Ibu Kota Baru Akan Dibangun di Puncak Bukit Sepaku

KILASBANDUNGNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membangun Istana Kepresidenan di Kalimantan yang berada di puncak bukit di wilayah administratif Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi telah meninjau lokasi rencana pembangunan Istana Kepresidenan itu. Menurut dia, dari total 256 ribu hekatare yang dibangun untuk kawasan pemerintahan hanya 56 ribu hektare dengan pembangunan kluster kesehatan, kluster pendidikan, riset dan inovasi, hingga kluster finansial senter.

“Ya, klaster pemerintahan tadi tempatnya kira-kira yang kita lihat tadi di sana. Di situ, tempat paling tinggi, kemudian istananya juga di sekitar itu, kementerian-kementeriannya juga di sekitar tadi kita berhenti,” kata Jokowi seperti dilansir Kompas, Selasa (17/12/2019).

Jokowi memastikan bahwa pemerintah akan membangun ibu kota baru dengan konsep smart city, hingga green city.

Kepala Negara menilai, kontur tanah di lokasi ibu kota baru itu yang berbukit terjal tidak akan menyulitkan pembangunan ibu kota. Bahkan, kata Jokowi, arsitek yang akan membangun ibu kota baru itu justru senang dengan kontur tanah yang berbukit untuk ibu kota baru tersebut.

“Justru ini kontur yg sangat bagus, bukan menyulitkan. Kalau arsitek atau urben planner diberi sebuah kawasan naik turun bukit pasti akan senang. Lihat saja nanti desainernya pasti akan senang sekali,” pungkasnya.***