Kepala Grup Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Satuan Layanan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Barat, Sukarelawati Permana

Bandung – Sejak diwajibkannya pengguna jalan tol memakai uang elektronik saat menggunakan ruas tol, hingga saat ini Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan kartu uang elektronik mencapai 113 juta kartu.

Kepala Grup Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Satuan Layanan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Barat, Sukarelawati Permana mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi antara BI Jabar dengan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) PT Jasa Marga Ruas Purbaleunyi, untuk menghadapi Lebaran 2018 kali ini ada penambahan kebutuhan kartu sebanyak 5.000 buah.

“Kita bersama BPJT serta Bank Penerbit Uang Elektronik memastikan bahwa kebutuhan uang elektronik diperkirakan ada tambahan sebanyak 5.000 uang elektronik,” ucapnya.

Menurut Sukarelawati, dengan adanya penambahan kartu elektronik tersebut, pihaknya meminta perbankan yang ada di Jawa Barat untuk mempersiapkannya ketersediaan kartu uang elektronik termasuk dengan top up nya.

“Kesiapan kartu dan top up ini diperlukan untuk memudahkan masyarakat yang akan mudik dengan menggunakan ruas jalan tol,” ucapnya.

Sukarelawati juga menghimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan ruas tol saat mudik untuk mempersiapkan ketersediaan saldo di dalam kartu tersebut.

“Jangan sampai setelah kendaraan mereka masuk tol, saldo tidak mencukupi sesuai pintu tol dimana mereka keluar,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung