Gubernur Apresiasi 2 Tahun Program Citarum Harum

Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil membuka Lokakarya Dua Tahun Program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum di Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/10/2019).

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam program Citarum Harum yang sudah berjalan selama dua tahun.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, program Citarum Harum yang sudah berjalan selama dua tahun mengalami banyak perubahan yang signifikan.

“Dalam dua tahun Program Citarum Harum ini mengalami banyak kemajuan, walaupun dengan anggaran yang secukupnya,” kata Gubernur, usai membuka Lokakarya Dua Tahun Program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum di Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/10/2019).

Gubernur menyatakan, dirinya mengapresiasi sejumlah langkah, capaian serta kontribusi dari berbagai pihak, masyarakat, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat termasuk TNI/Polri yang sudah bekerja keras menjadikan sungai Citarum lebih baik lagi.

“Dengan banyaknya kemajuan yang telah dicapai, kami berharap akan mengubah status Citarum menjadi sungai yang bersih. Status yang tercemar berat bisa seceptanya naik kelas menjadi tercemar sedang dan di akhir kita bisa secara realistis menjadi tercemar ringan,” tuturnya.

Gubernur menyatakan, untuk menangani permasalahan sungai Citarum bisa dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan teknokratis dan populis, yang menjadi bagian dari manajemen program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum.

“Dengan berkelanjutan dan pendekatan teknokratis (ilmiah yang terukur) dan populis (jangka pendek) mudah-mudahan kita bisa menghadirkan Citarum yang lebih baik lagi,” pungkasnya.(Parno)