Kilas Bandung PRSSNI, Kamis (10/10/2019)

KilasBandung – Kemenko Kemaritiman mengapresiasi kalangan Perguruan Tinggi yang telah menggelar KKN Tematik dengan fokus pada penanganan masalah Sungai Citarum. Meski mengapresiasi, Asisten Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Kemenko Kemaritiman Tb. Haeru Rahayu menilai KKN Tematik tersebut belum terstruktur dengan baik.

Kegiatan Mapag Hujan Marathon Bebersih Sungai merupakan salah satu bentuk rasa syukur dalam menyambut musim hujan. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan meski penggerak utamanya adalah ASN Pemkot Bandung, warga diharapkan berpartisipasi agar hujan yang datang menjadi rahmat dan bukan musibah.

Selama ini ada salah persepsi bahwa banjir akibat dari berkurangnya kapasitas sungai. Padahal menurut Kepala DPU Kota Bandung Didi Riswandi dua masalah utama penyebab banjir adalah gundulnya wilayah di hulu sungai dan tidak adanya resapan di daerah aliran sungai.

Meski masih terus berjalan, Perumda Bank Bandung sedang mengevaluasi pengucuran kredit melati. Dirut Perumda Bank Bandung Didi Sunardi mengatakan saat ini pihaknya memprioritaskan produk yang lebih aman yaitu simpan pinjam kepada ASN ketimbang perbanyak kredit melati.

Diskar PB Kota Bandung dilibatkan dalam upaya pemadaman kebakaran di kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey Kabupaten Bandung yang mencapai 12 hektar. Kabid Pemadaman Diskar PB Kota Bandung Kurnia Saputra mengatakan 3 tim pasukan pemadam kebakaran dan 1 tim Rescue Diskar PB dikerahkan untuk menanggulangi kebakaran di Kawah Putih.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.