Glenn Fredly Salut Mang Oded Buka Ruang Bagi Musisi

Wali Kota Bandung Oded M. Danial bersama musisi Glenn Fredly usai acara Ngopi Sore Wali Kota bersama seniman dan budayawan di Pendopo Bandung, Jumat (22/11/2019).

KILASBANDUNGNEWS.COM – Musisi kondang Indonesia, Glenn Fredly mengapresiasi langkah Wali Kota Bandung, Oded M. Danial merangkul para musisi asal Kota Bandung. Menurutnya, keberpihakan pemerintah daerah ini cukup penting untuk mendukung musisi di tingkat lokal.

“Senang sekali dari Mang Oded ini mendorong silaturahmi dengan pelaku musik. Sehingga kolaborasi pemerintah dengan pelaku, ekosistem dan dunia privat investasi bisa berkontribusi memajukan musik lokal,” ucap Glenn saat ikut dalam pertemuan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat (22/11/2019).

Melalui pertemuan seperti inilah Glenn melihat menjadi momentum penting untuk mulai membangun jaringan yang kuat antara pelaku musik bersama pemerintah. Utamanya, dalam menciptakan iklim industri musik yang sehat.

“Silturahmi ini menjadi penting untuk bisa menyampaikan harapan musisi lokal tentang masa depan industri musik. Karena ini kerja kolektif, sehingga inklusifitas ini penting banget. Saya apresiasi Mang Oded yang memberi ruang,” ujarnya.

Glenn menuturkan, Kota Bandung memiliki andil cukup besar dalam perkembangan industri musik Indonesia. Untuk itu ia berharap para musisi juga bisa menyambut dengan terbuka atas ruang yang diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Glen menilai, penguatan kolaborasi ini sangat penting karena tidak hanya menciptakan tatanan musik yang baik. Namun, juga harus terus dipelihara agar bisa berkelanjutan secara konsisten, serta menghasilkan generasi penerus yang lebih maju.

“Bandung jadi katalis penting perkembangan insdustri musik Indonesia. Sekarang ini yang menjadi isu serius salah satu tantangannya bagaimana regenerasi perlu ada pembenahan dalam konteks pengelolaan keberlanjutannya, karena menyangkut industri secara makro,” terangnya.

Tidak bisa dipungkiri, sambung Glenn, Kota Bandung ikut menyumbangkan banyak talenta di Industri musik. Baik itu musisinya secara langsung ataupun stakeholder dari bidang lainnya yang turut menopang pembangunan ekosistem musik secara komprehensif.

Secara personal Glenn bahkan mengakui banyak sekali pelaku musik asal Kota Bandung yang menjadi inspirasinya dalam berkarya. Di antaranya, keberadaan musisi ‘indie’ yang mampu berjuang membangun ekosistem musik secara mandiri.

Sementata itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berkomitmen untuk mengakomodir kreativitas para musisi. Pendopo Kota Bandung akan selalu terbuka bagi para musisi yang ingin menggelar acara pertemuan ataupun sekadar unjuk kebolehan.

“Ke depan dalam rangka untuk menciptakan industri musik karena Bandung potensinya luar biasa, banyak musisi Indonesia berasal dari Bandung, mereka bagian dari warga Mang Oded juga. Jadi saya membuka pintu untuk mereka silahkan mau berkreasi atau mau silaturahmi bahkan harapan saya bisa rutin,” ujar Oded.

“Beberapa waktu lalu mereka (para musisi) merasa kehilangan orang tua. Insyaallah saya akan hadir di situ,” katanya.***