Gentong Sarebu untuk Bantu Warga Tak Mampu

Wali Kota Bandung, Oded M Danial meresmikan Program Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM)-Gerakan Kantong Seribu (Gentong Sarebu) di Sekolah Citra Cemara, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (26/10/2018). (Foto: Humas Pemkot Bandung)

Bandung – Sebagai upaya mengentaskan kemiskinan, Kecamatan Bandung Kulon meluncurkan Program Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) – Gerakan Kantong Seribu (Gentong Sarebu).

Wali Kota Bandung, Oded M Danial meresmikan secara langsung program ini di Sekolah Citra Cemara, Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, Jumat (26/10/2018). Turut mendampingi Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Tono Rusdiantono dan Camat Bandung Kulon, Dadan Haeri Guratman,

Menurut Camat Bandung Kulon, Dadan Haeri Guratman, gerakan ini yaitu mengumpulkan donasi dari para ASN, pengusaha, dan warga yang mampu. Tim yang dibentuk mengumpulkan donasi yang terkumpul dari tiap kelurahan. Selanjutnya, tim akan menyalurkan ke warga tak mampu.

“Konsepnya sebagai wahana silaturahim yang mampu kepada yang miskin. Sebab kemiskinan harus dituntaskan secara bersama – sama,”tambah Dadan.

“Gerakan ini yang kita melibatkan kepala sekolah, guru, pegawai Puskesmas dan instansi pemerintah yang terdapat di Bandung Kulon. Kita ajak untuk berpartisipasi,” jelasnya,

Dadan mengungkapkan, program ini sebenarnya telah berjalan 3 bulan. Selama itu sudah terkumpul dana sebesar Rp18 juta.

“Itu untuk disalurkan kepada anak putus sekolah, warga yang sakit, hingga memberikan sembako kepada warga kurang mampu,” jelas Dadan.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengapresiasi program tersebut dan optimis jika program itu terus bergulir maka Kota Bandung akan semakin berkembang dari sisi sosial.

“Saya yakin dengan gerakan ini, saudara yang kurang mampu dapat terbantu. Pengentasan kemiskinan di Kota Bandung akan lebih mudah. Ini harus menjadi role model bagi 29 kecamatan lainnya di Bandung,” ujar Oded seperti dilansir Humas Pemkot Bandung.***