Bandung. Pemerintah Kota Bandung menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi warga yang terkena dampak banjir bandang dan longsor di wilayah Priangan Timur. Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, secara simbolis bantuan tersebut sudah diserahkan kepada Bupati Sumedang, dan Bupati Garut (28/9/2016).

“Rombongan dari Pemkot Bandung bergerak menyerahkab bantuan tersebut yang pertama ke Kabupaten Sumedang, dan setelah itu langsung bergerak menuju ke Kabupaten Garut, “jelas Emil.

Menurutnya, bantuan tersebut lebih diprioritaskan kepada urusan pendidikan. Pasalnya dari 13 sekolah terkena dampak bencana, semua buku mata pelajaran tidak dapat terselamatkan.

“Karena kita sudah memetakan ada belasan sekolah yang bukunya rusak, terdiri dari 11 sekolah biasa dan dua sekolah luar biasa. Bantuan pendidikan ini diberikan sebesar Rp 10 juta per satu sekolah,” ungkapnya.

Khusus untuk bantuan bagi Kabupaten Garut, bantuan itu akan diberikan dalam dua tahap. Pada gelombang kedua, bantuan bakal difokuskan pada pembangunan infrastruktur pasca gawat darurat.

“Karena dari pengalaman pribadi saya, kalau kebencanaan pasti butuh dua tahap dan keduanya membutuhkan dana besar pasca tanggap darurat tersebut, ” tegas Emil.

Lebih lanjut Emil menambahkan,  Pemkot Bandung pun akan menerjunkan para arsitek handal, untuk ikut membangun hunian bagi warga.

“Nanti tim arsitek kita juga akan bantu, sesuai arahan pak bupati untuk membuat rumah dengan tipe 27-36 untuk hunian mereka, “ucapnya.

Evy Damayanti