DLHK Kota Bandung Ikut Berperan dalam Citarum Harum

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Dedy Dharmawan. (Foto: Istimewa)

Bandung – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung ikut berperan dalam program nasional Citarum Harum. Perannya adalah menahan sampah dari rumah tangga ke anak-anak sungai Citarum yang ada di Kota Bandung seperti sungai Cikapundung.

“Khususnya Citarum Harum, DLHK mempunyai peran untuk menghentikan sampah di sumber sehingga sampah tidak sampai masuk di sungai, itu yang paling pentingnya,” ujar Sekretaris DLHK Kota Bandung, Dedy Dharmawan kepada reporter LPS PRSSNI Bandung.

Menurut Dedy, upaya penghilangan sampah ke  sungai itu dilakukan dengan cara mengedukasi masyarakat untuk memilah dan memilih sampah di rumah atau di sumber sehingga tidak ada lagi buangan sampah ke sungai.

Dedi menyatakan saat ini pihaknya sedang menjalin kerjasama mengenai program membiasakan masyarakat untuk memilah sampah mulai dari rumah tangga sebelum membuangnya ke tempat pembuangan sampah (TPS).

“Beberapa program yang sekarang sedang dikerjasamakan kita ingin ada budaya milah sampah di sumber, di rumah,” tuturnya.***

Agustin Purnawan/ LPS PRSSNI Bandung