Bank Sampah Jadi Model Pengelolaan Sampah Kota Bandung

Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

Bandung – Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengajak warga kota untuk semakin sadar mengelola sampah dari hulu ke hilir. Hal itu untuk menjaga dan meningkatkan kualitas  kebersihan lingkungan Kota Bandung.

“Terus terang konsentrasi saya kedepannya akan mengurusi masalah sampah. Saya akan semakin masif mengajak masyarakat Kota Bandung untuk bersama-sama menjaga kebersihan Kota Bandung dari mulai sampah rumah tangga sampai ke TPA” ungkap Oded di Balai Kota Bandung, Selasa (7/8/2018).

Oded mengungkapkan, Pemerintah Kota Bandung akan mengembangkan model pengelolaan sampah. Salah satunya dengan menghadirkan bank sampah. Bank sampah telah terbukti jitu mendidik warga untuk memperlakukan sampah dengan tertib sejak di lapis rumah tangga.

Menurutnya, dengan program bank sampah, masyarakat mendapatkan insentif penghasilan tambahan. Masyarakat juga menjadi terbiasa untuk memilah jenis sampah sejak dari rumah tangganya masing-masing. Apabila model pengelolaan sampah dengan bank sampah ini diperluas skalanya maka separuh beban masalah penanganan sampah di Kota Bandung ini dapat ditangani.

“Bank sampah ini akan jadi pendapatan bagi warga. Memang hasilnya belum seberapa. Tetapi semangat untuk berbuat demi lingkungan sekitar yang dituju. Banyak warga yang sudah membuktikannya,” katanya melalui rilis Pemerintah Kota Bandung.

Terkait kerjasama pengelolaan sampah di Kota Bandung, Pemkot Bandung  telah bekerja sama dengan berbagai instansi yang fokus mengelola sampah di antaranya  Mother Earth Foundation Filipina dan Pemerintah Kota Kawasaki Jepang.

Ke depannya Oded berencana membuat regulasi pengelolaan sampah serta berupaya meningkatkan kesejahteraan petugas pengelola sampah.

“Ya rumusnya itu kita pikirkan bersama, tentunya dengan Dinas Lingkungan Hidup sebagai leading sektornya dan kerjasama dengan instansi terkait,” katanya.***