Dinkes Kota Bandung Pantau 31 Orang Terduga Terpapar Virus Corona

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Rosye Arosdiani (Foto: detikcom)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dinas Kesehatan Kota Bandung melakukan pemantauan terhadap 31 orang yang diduga pernah bepergian ke negara terjangkit virus corona.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani mengatakan dari 31 orang tersebut, 7 di antaranya sudah selesai dan dinyatakan negatif. Sedangkan 24 orang lainnya masih dalam pemantauan selama 14 hari.

“Saat ini kami sedang melakukan pemantauan, statusnya orang dalam pemantauan sudah ada 31 orang. Tujuh sudah selesai (dinyatakan sehat), 24 masih dalam pemantauan. Pemantauan ini dilakukan selama 14 hari,” ujarnya,” kata Rosye di Pemkot Bandung, Selasa (3/3/2020).

Menurutnya yang termasuk dalam pemantauan adalah mereka yang ditemukan adanya gejala batuk pilek tapi tidak ada sesak dan baru berpergian dari negara terjangkit.

“Siapa yang dilakukan pemantauan? Adalah orang yang memiliki gejala batuk, tidak ada sesak atau tidak batuk pilek, tapi baru berpergian kemudian melaporkan kepada petugas kesehatan,” tutur Rosye.

Menurut Rosye, pemantauan oleh pihak Dinkes ini berlangsung di rumah masing-masing warga tersebut dan tidak dilakukan di rumah sakit.

“Pemantauan dilakukan di rumah, tidak ada yang diisolasi. Pemantauan ini, dia itu sehat, biasa, tidak bergejala, hanya batuk pilek biasa yang tidak dikategorikan Covid, tapi dia baru pulang dari negara terjangkit,” kata Rosye. (EVY)