Budidaya Air Tawar Warga Dukung Ketahanan Pangan

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kecamatan Kiaraconcong memberikan apresiasi kepada Kelompok Tani Pelita Berdikari yang telah mampu memanfaatkan lahan tidur yang berada di RW 14 Kelurahan Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, sebagai tempat budidaya lele.

“Saya apresiasi kepada Kelompok Tani Pelita Berdikari yang telam mampu memanfaatkan lahan tidur sebagai tempat budidaya lele,” kata Camat Kiaracondong Rina Dwiyanti, usai menebar 24 ribu ekor benih lele.di Kel. Babakan Surabaya, Kec Kiaracondong, Kamis (1/10/2020).

Menurut Rina, apa yang dilakukan oleh Kelompok Tani Pelita Berdikari ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam memberdayakan masyarakat guna mewujudkan ketahanan pangan masyarakat.

“Program budi daya air tawar seperti ternak lele ini sangat bagus, kami sebagai pemerintah mendukung dan siap membantu upaya pemberdayaan masyarakat seperti ini” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Babakan Surabaya, Triono menyambut baik usaha yang dilakukan warganya dan Kelompok Tani Pelita Berdikari itu merupakan kelompok tani lele keempat yang ada di wilayahnya.

“Saya bersyukur sekali adanya kelompok tani Pelita Berdikari, ini adalah sebuah bentuk keinginan masyarakat untuk tetap berdaya. Saat ini sudah ada 4 kelompok tani seperti ini di wilayah Kel. Babakan Surabaya,” imbuhnya.

Triono menambahkan, karena usaha seperti ini didukung oleh Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, nanti ke depan akan diadakan pelatihan budidaya lele dan cara membuat indukan.

“Program pelatihan budidaya dari Dispangtan  sudah berjalan, tapi karena sekarang sekarang pandemi Covid-19, jadi untuk sementara kegiatan itu sepertinya masih ditunda,” ujarnya. (Parno)