BI dan Perbankan Siap Penuhi Kebutuhan Uang Masyarakat Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H

KILASBANDUNGNEWS.COM – Guna memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Barat selama Ramadan dan Idulfitri 1444 H, Bank Indonesia bersama perbankan menyediakan Layanan Penukaran Uang. Bertajuk “SERAMBI: Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri”.

Peluncuran program SERAMBI secara serentak di lakukan di 3 kantor Bank Indonesia wilayah Jawa Barat, yaitu di Bandung, Cirebon, dan Tasikmalaya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea menyampaikan melalui program SERAMBI, Bank Indonesia se-Jawa Barat telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp18,3 triliun.

“Nilai tersebut lebih tinggi dari realisasi kebutuhan uang pada periode Ramadan-Idulfitri tahun 2022 sebesar Rp16,6 triliun, dan proyeksi kebutuhan uang masyarakat sebesar Rp17,4 triliun,” ucap Erwin, usai peluncurkan program SERAMBI di kantor Bank Indonesia wilayah Jawa Barat, Senin (27/3/2023).

Menurur Erwin, peningkatan tersebut memerhatikan antisipasi peningkatan mobilisasi masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2023 seiring pencabutan PPKM, serta pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik.

“Secara spasial, kebutuhan uang tunai paling tinggi (64,2%) bersumber dari wilayah Priangan (diluar Bodebek), diikuti wilayah Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan sebesar 21,5%, dan wilayah Priangan Timur sebesar 14,3%,” katanya.

Program SERAMBI menyediakan layanan penukaran uang di 800 titik yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat. Lokasi tersebut mencakup layanan penukaran di kantor perbankan di Jawa Barat, layanan kas keliling Bank Indonesia,penukaran di pusat keramaian seperti bandara, stasiun, terminal, dan rest area di beberapa ruas jalan tol.

Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Selain itu, untuk semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan penukaran uang, melalui program SERAMBI, Bank Indonesia Jawa Barat bersama perbankan juga menyelenggarakan layanan penukaran terpadu. Khusus di wilayah Bandung Raya, masyarakat dapat melakukan penukaran di layanan terpadu ini mulai tanggal 4 sd 18 April 2023, bertempat di halaman kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Jl Braga No 108, Bandung.

Layanan terpadu ini merupakan kerja sama Bank Indonesia Jawa Barat dengan 14 bank yang terdiri dari bank bjb, BCA, Mandiri, BNI, BRI, BTN, BSI, bank bjb Syariah, Bank DKI, CIMB Niaga, KB Bukopin Syariah, OCBC Bank, Bank Woori Saudara, dan Maybank Indonesia. Melalui layanan penukaran terpadu ini, masyarakat dapat melakukan penukaran uang dalam bentuk paket senilai Rp3,8 juta per orang yang terdiri dari masing-masing 1 paket uang pecahan Rp20.000,00 s.d. Rp1.000,00.

Erwin menambahkan bahwa program SERAMBI merupakan wujud optimalisasi pengelolaan uang Rupiah menjelang hari raya yang berpedoman pada 3 nilai utama. Pertama, memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya. Kedua, sistem distribusi uang dan infrastruktur sistem pembayaran yang efisien, baik melalui layanan kas yang prima maupun dengan optimalisasi penggunaan QRIS dan BI-FAST.

“Ketiga, meningkatkan awareness masyarakat untuk “Cinta, Bangga, Paham Rupiah”, yang dapat diterapkan dengan menggunakan Rupiah secara bijak. Perilaku bijak dapat diwujudkan dengan belanja sesuai kebutuhan, tidak berlebihan, serta mengalokasikan dana secara tepat untuk berhemat atau menabung,” ujarnya.

Erwin menghimbau agar masyarakat menukarkan uangnya di Bank Indonesia, kantor-kantor bank yang ditunjuk, dan lokasi layanan penukaran uang terpadu.

“Dengan menukar di tempat resmi sudah terjamin pasti jumlahnya, dan pasti keasliannya,” tegas Erwin.

Erwin juga mengajak warga Jawa Barat untuk berbelanja dengan bijak sesuai kebutuhan, tidak berlebihan/menimbun, dan memastikan kualitas setara dengan harga.

“Berbelanja produk dalam negeri, khususunya produk UMKM, dan mengalokasikan dana secara tepat dengan cara berhemat dan membiasakan budaya menabung/investasi,” tutupnya. (Parno)