Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Galeri Rasulullah SAW

KILASBANDUNGNEWS.COM – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil resmi membuka Galeri Rasulullah SAW yang terletak di dalam kawasan Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Senin (27/3/2023).

Kini galeri yang mengisahkan perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW dan perkembangan masuknya Islam ke Nusantara hingga Jabar itu sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat.

“Tanggal 27 Maret ini kita secara resmi membuka fasilitas istimewa, namanya Galeri Rasulullah dan perkembangan sejarah Islam di Indonesia dan Jawa Barat, saat ini sudah bisa dikunjungi oleh masyarakat umum,” kata Gubernur Ridwan Kamil.

Gubernur menuturkan, untuk menjaga ketertiban di galeri dan keterbatasan tempat, masyarakat yang akan mengunjungi galeri harus terlebih dulu mendaftar secara online di aplikasi Sapawarga. Galeri Rasulullah dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar bekerja sama dengan Sembilan Matahari.

“Pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi Sapawarga,” ucap Gubernur.

Galeri Rasulullah SAW yang berada di lantai satu Masjid Raya Al Jabbar ini menampilkan secara detail mulai dari sejarah pada zaman jahiliah, kelahiran Rasulullah, menerima wahyu, penyebaran agama Islam, hingga Rasulullah wafat.

Tak hanya itu, galeri yang 50 persennya dikemas secara digital itupun menampilkan sejarah berkembangnya Islam di seluruh dunia hingga masuk ke Nusantara dan Jawa Barat.

“Ini sangat padat dan banyak informasi yang bisa dijadikan ilmu pengetahuan oleh masyarakat. Mudah-mudahan menjadi sebuah kebanggaan,” ujarnya.

Gubernur mengatakan, pembangunan Masjid Raya Al Jabbar dibagi kedalam empat bagian, yakni masjid, galeri, taman, dan kolam rentensi pengendali banjir.

“Kawasan Al Jabbar terbagi empat bagian, di antaranya terdapat galeri pengetahuan keislaman yang sangat komprehensif, dan di bagian luar ada danau pengendali banjir,” tuturnya.

Gubernur berharap hadirnya Galeri Rasulullah semakin meningkatkan suasana religi Masjid Raya Al Jabbar dan menjadi kebanggaan masyarakat.

“Mudah-mudahan ini meramaikan suasana wisata religi yang memang menjadi kebanggaan kita semua dengan kehadiran Galeri Rasulullah,” harapnya. (Parno)