BEI Tingkatkan Jumlah Investor Lokal dengan Yuk Nabung Saham

Bandung – Program Yuk Nabung Saham dari Bursa Efek Indonesia (BEI) berhasil meningkatkan jumlah investor lokal. Program yang digagas BEI sejak tahun 2015 tersebut memberi kemudahan masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal.

Kepala Kantor Pusat Informasi Go Publik (PIGP) BEI Jawa Barat, Reza Sadat Shahmeini mengatakan, hingga bulan Juni 2018, jumlah investor lokal di Indonesia sudah mencapai 700 ribu atau sekitar 51 persen. Jumlah ini naik dari sebelumnya yang hanya 36 persen dari seluruh investor yang ada.

“Investor lokal saat ini sudah sekitar 700 ribu investor, terus meningkat, mengalami pertumbuhan. Investor asingnya sekitar 48 persen, tadinya di 2015 itu sekitar 63 persen. Yang lokal tadinya di 36 persen sekarang sudah naik ke 51 persen lebih,” jelas Reza kepada reporter LPS PRSSNI Bandung.

Menurut Reza, peningkatan jumlah investor lokal ini terjadi, karena pemahaman masyarakat Indonesia untuk menabung melalui pasar saham terus meningkat dan bertambah.

“Alhamdulillah, sekarang semakin banyak masyarakat kita yang mengenal tentang pasar modal kemudian juga mau memilih pasar modal sebagai alternatif investasi,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung