Angka Reproduksi Covid-19 Kota Bandung Jangan Sampai di Angka 1

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap angka reproduksi Covid 19 di Kota Bandung tidak menyentuh angka 1 meski jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Bandung kembali meningkat.

“Selama ini angka reproduksi di Kota Bandung sekitar 0,86 paling tinggi di 0,1. Jangan sampai lah menyentuh angka 1,” ujar Yana, Rabu (9/9/2020).

Menurut Yana, kalau angka reproduksi menyentuh 1, maka relaksasi bisa dibatalkan. Tempat-tempat hiburan dan pusat perbelanjaan bisa ditutup.

“Yang selama ini dibuka bisa ditutup lagi,” tuturnya.

Yana yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Bandung mengatakan peningkatan angka reproduksi ini merupakan salah satu konsekuensi dilakukannya tes swab secara masif.

“Namun, jika sudah diketahui terpapar maka bisa langsung diantisipasi dan dilakukan penyembuhan,” terangnya.

Jika nantinya ditemukan ada klaster baru, Yana mengatakan bukan tidak mungkin dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

“Tapi kalau PSBB atau lock down ya kemungkinan tidak,” katanya.

Untuk itu tambah Yana, Pemkot Bandung terus berusaha untuk memasifkan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

“Yang paling penting adalah menggunakan masker. Karena virus ini menukar melalui droplet, sehingga yang paling tepat dengan menggunakan masker,” tuturnya. (EVY)