Aher: Suku Bunga Rendah Dukung UMKM Berkembang

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memotret produk UMKM menggunakan ponsel.

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini tumbuh cukup baik di tengah-tengah masyarakat perlu mendapat dukungan dunia perbankan melalui penurunan suku bunga.

Ahmad Heryawan (Aher) berharap, dengan adanya kebijakan dari pemerintah melalui penurunan tingkat suku bunga ini, UMKM tersebut harus terus berubah ke usaha yang lebih besar lagi.

“Kami memandang UMKM ini bukan sebagai entitas yang tidak berubah tapi entitas yang berproses menuju ukuran bisnis berikutnya,” ujar Aher kepada reporter LPS PRSSNI Bandung.

Gubernur berharap para pelaku UMKM yang saat ini masih ada di sektor mikro bisa mengembangkan usahanya melalui strategi yang tepat sehingga usaha mereka bisa naik ke tingkat berikutnya.

“Jangan terlalu ada di mikro maka harus dirancang dengan baik berapa tahun di mikro untuk sampai kemudian bisa meloncat ke kecil. Kecil juga jangan terlalu betah maka dirancang untuk segera ke menengah dan seterusnya,” harap Aher.

Heryawan menyatakan, dengan penurunan ini juga akan meningkatkan iklim investasi di seluruh wilayah kota dan kabupaten termasuk semua sektor usaha masyarakat.

“UMKM akan ditopang secara lebih baik ketika suku bunga sangat rendah,” ungkapnya. ***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung