60 KK Kurang Mampu di Jawa Barat Peroleh Sambungan Listrik Gratis

Ilustrasi pembangkit listrik.

Bogor – Sebanyak 60 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu di 8 kota dan kabupaten di Jawa Barat mendapatkan sambungan listrik gratis dari pemerintah yang langsung dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo dengan dipusatkan di Bantarjati, Bogor Provinsi Jawa Barat.

Dalam pelaksanaan program ini, masyarakat mendapatkan penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 VA yang cukup untuk menggunakan TV, penanak nasi dan menyalakan lampu.

Untuk biaya, PLN dan Asosiasi Instalatir memberikan keringanan Biaya Penyambungan dan Pemasangan Instalasi sebesar 50 persen, sehingga biaya yang perlu dibayar oleh Sinergi BUMN hanya sebesar Rp500.000.

Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir mengatakan, sebelum mereka mendapatkan sambungan listrik secara gratis, kebanyakan dari masyarakat kurang mampu tersebut mendapatkan listrik dengan cara menyambung dari tetangga untuk mendapatkan listrik.

“Masyarakat kurang mampu ini belum mendapat listrik dari PLN. Mereka terpaksa menyambung dari tetangga, bayar 40 sampai 50 ribu untuk lampu tiap bulan atau menggunakan penerangan lain seperti lampu teplok,” kata Sofyan.

Sofyan berharap, melalui listrik dari PLN langsung yang merupakan program dari BUMN Hadir Untuk Negeri ini, mereka dapat melakukan banyak penghematan untuk pengeluaran perbulannya.

“Dengan program ini akan semakin banyak masyarakat miskin yang kesejahteraannya semakin baik,” ucapnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro