200 Barista Ikuti Festival Ngopi Bareng KAI

Bandung – Sebanyak 200 barista lokal profesional yang tergabung dalam Komunitas Kopi Nusantara ikut terlibat dalam festival Ngopi Bareng yang digelar PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang dilaksanakan secara serentak di 17 stasiun di 15 kota mulai Senin (11/3) hingga Selasa (12/3).

Direktur Komersial KAI, Dody Budiawan mengatakan, acara dengan tagline Ngopi Bareng KAI #3 – Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat khususnya penumpang yang sangat antusiasme terhadap gelaran festival Ngopi Bareng KAI jilid 1 dan 2 di tahun 2018 lalu yang begitu tinggi.

“Pada Ngopi Bareng KAI jilid 2 tahun lalu, KAI mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia dengan predikat sebagai ‘Pemrakarsa dan Penyelenggaraan Pembagian Kopi Terbanyak di Kereta Api dan Stasiun’,” ucap Dody, usai membuka Festival Ngopi Bareng KAI #3, di Stasiun Bandung, Senin (11/3/2019).

Pada acara ngopi bareng tahun ini, masyarakat dan penumpang kereta api dapat menikmati kopi gratis yang KAI siapkan sebanyak total 50.000 cup di 17 stasiun di 15 kota dan di 36 nama KA, masing-masing di stasiun LRT Bumi Sriwijaya, Palembang, Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Jember, Medan, Padang, dan Tanjung Karang.

Dody menambahkan, Ngopi Bareng KAI merupakan wujud dukungan KAI untuk memperkenalkan kopi lokal Indonesia serta dapat memberikan edukasi dan wawasan seputar kopi di Nusantara sehingga mampu meningkatkan daya saing kopi asli Indonesia di masyarakat luas.

“Masyarakat dan penumpang KA yang ingin mendapatkan kopi gratis ini cukup menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah terinstall dan terdaftar di ponselnya kepada petugas di area festival di stasiun dan di kereta api,” pungkasnya.

Sementara itu, Deputy Executive Vice President Daop 2 Bandung, Hendra Wahyono menyatakan, untuk kegiatan di stasiun Bandung ada 30 peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan total 7.500 cup akan diberikan secara gratis selama dua hari kegiatan.

“Untuk menyuguhkan kopi gratis di stasiun dan kereta api, KAI bekerja sama dengan Komunitas Kopi Nusantara yang akan meramu dan menyuguhkan kopi gratis kepada para pecinta kopi di stasiun dan di kereta api jarak jauh dan menengah,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro