Yana Sebut Pendataan Warga Miskin Kota Bandung “On The Track”

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana bersama sejumlah wakil bupati/ wali kota saat kaji banding Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum ke Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Gianyar, Selasa (17/12/2019).

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan pendataan warga miskin di Kota Bandung telah “on the track”. Pemuktahiran data warga miskin telah dilakukan secara berkala dan tepat.

Yana melontarkan itu di sela-sela mengikuti kaji banding Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum ke Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Gianyar, Selasa (17/12/2019).

“Jika mendengarkan paparan dari mereka (Pemprov Bali danĀ  Pemkab Gianyar), kita sebenarnya sudah lebih baik. Kita sudah on the track,” kata Yana.

Menurut Yana, pendataan warga miskin di Bali masih memanfaatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pendataannya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Sedangkan di Kota Bandung, Pemkot Bandung membayar petugas atau orang-orang yang diberi tugas khusus untuk mendata warga miskin.

“Jadi data yang kita miliki lebih detail dan lengkap. Apalagi warga miskin itu dinamis. Bisa berubah setiap saat,” jelas Yana.

Kendati demikian, Yana mengungkapkan, kaji banding ini memang karena Pemkab Gianyar dinilai cukupĀ  signifikan menurunkan angka kemiskinan. Termasuk juga dalam upaya pencegahan stunting.

“Tetapi alhamdulillah, angka kemiskinan di Kota Bandung juga cukup rendah. Angka kemiskinan di Kota Bandung hanya 3,57” ungkap Yana.

Selain Yana, sejumlah wakil bupati dan wali kota di Jabar juga mengikuti kegiatan ini.***