Yana Minta Orang Tua Sering Ngobrol dengan Anak

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memberikan sambutan sekaligus membuka acara Seminar Ketahanan Keluarga yang diikuti anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bandung di Hotel Grand Pasundan, Kota Bandung, Rabu (16/10/2019).

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kembali mengajak kepada orang tua untuk selalu berkomunikasi dengan anak-anaknya. Ia yakin, komunikasi modal utama dalam ketahanan keluarga.

“Ketahanan keluarga sebagai unit dasar yang berperan penting dalam menghasilkan SDM berkualitas. Sehingga mampu menepis masalah sosial yang terjadi seperti sosial, ekonomi bahkan budaya,” katanya pada acara Seminar Ketahanan Keluarga, di Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta, Rabu (16/10/2019).

Yana menegaskan, setiap keluarga dituntut untuk memelihara bahkan meningkatkan ketahanannya antara fisik maupun kemampuan ekonomi. Seperti kebutuhan dasar pangan, Pendidikan dan Kesehatan serta religius.

“Komitmen dan komunikasi menjadi hal penting. Maka harus efektif dalam berkomunikasi di lingkungan keluarga,” tuturnya.

Di samping itu, Yana menyarankan agar psikologis setiap keluarga harus baik. Ketahanan psikologi sebagai garda utama untuk mengelola emosi agar menghasilkan konsep diri yang positif.

“Ini masuk dalam kebutuhan kita. Maka setiap keluarga harus terkendali mulai fisik bahkan psikologisnya,” ujar Yana.

Terkait dengan perkembangan zaman, Yana berpesan agar orang tua mampu mengawasi penggunaan media sosial anak-anaknya.

“Ini harus menjadi perhatian lebih. Peran orang tua harus ada dalam pengawasan anak-anaknya ketika beraktivitas menggunakan medsos,” tegasnya.***