Dinilai Berhasil, Program Pemeliharaan Anak Ayam Bakal Diperluas

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial membeli ayam hasil peliharaan siswa saat acara Chicken di Alun-alun Ujungberung, Senin (9/3/2020). (Foto: Humas Pemkot Bandung)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wali Kota Bandung Oded Muhamad Danial memborong ayam dan tanaman cabai hasil peliharaan para siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam kegiatan Chicken Fair yang berlangsung di Alun-Alun Ujungberung Kota Bandung, pada Senin (9/3/2020).

Oded mengungkapkan rasa bahagianya karena program chikenisasi dinlai berhasil, terutama pada tujuan mengurangi ketergantungan anak terhadap gawai.

Menurutnya pemeliharaan ayam dan cabai ini telah tepat sasaran sebagai bagian dari pola pembelajaran Aktif Kolaboratif Integratif (AKI) menuju Bandung Masagi.

“Alhamdulillah tadi saya melihat pertumbuhan ayam yang diurus sangat baik sekali. Ada yang di atas rata-rata sampai 2 kilo. Saya berharap keberhasilan anak-anak mengelola anak ayam ini berhasil,” ucap Oded di sela-sela acara Chicken Fair.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengatakan program pemberian anak ayam kepada siswa sekolah di Kota Bandung akan ditambah di tahun 2020 ini. Adanya penambahan tersebut karena melihat program chikenisasi yang pertama kali digelar tahun 2019 menunjukan perkembangan positif.

Gin gin mengatakan jumlah kecamatan dan sekolah yang terlibat dalam program chikenisasi tahun ini juga akan bertambah. Apalagi  saat ini hampir semua sekolah siap menerima program chikenisasi.

“Kita sudah merencanakan tahun 2020 lebih berkembang lagi dengan menambah sekolah lain, dan sekarang sudah hampir semua sekolah siap menerima. Kita siap suport. Nanti kita ingin keterwakilan dari utara, tengah atau wilayah lain ada,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya menyiapkan 10.000 ekor anakan ayam atau atau Day Old Chicken (DOC) yang rencananya dibagikan secara bertahap.

“Kita merencanakan ada 10.000 anak ayam yang kita siapkan. Kita akan budidaya sendiri. Kita akan membagikannya pada April atau Mei. Nanti akan bertahap pembagiannya,” katanya.

Saat program chikenisasi dimulai November 2019 sebanyak seribu ekor anak ayam dibagikan kepada siswa di 12 sekolah di 2 kecamatan Kota Bandung. (AGU)