Wali Kota Bandung Belum Pastikan Waktu Buka Kegiatan Belajar di Sekolah

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meninjau pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun 2020 Kota Bandung di sejumlah sekolah di Kota Bandung, Kamis (18 Juni 2020). (Foto: Humas Pemkot Bandung)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wali Kota Bandung Oded Muhamad Danial belum bisa memastikan waktu dibukanya kembali sekolah di masa pandemi covid-19.

“Kalau waktu untuk buka sekolah kapan, saya belum bisa memastikan,” kata Oded M. Danial di Balai Kota Bandung.

Oded menyebut, pihaknya akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat.

“Alasannya, kita menunggu keputusan Kementerian Pendidikan,” ucap Oded.

Meski begitu Oded menyatakan akan terus menyampaikan kepada pemerintah pusat tentang perkembangan yang terjadi di Kota Bandung, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan. Hal ini dilakukan karena kondisi di setiap daerah bisa saja berbeda.

“Kita di lapangan juga akan beri masukan kepada pusat tentang perkembangan di daerah seperti apa, boleh jadi di daerah itu kan beda-beda,” tambahnya.

Sebelum dibuka, pihaknya akan meninjau kondisi di lapangan untuk dilaporkan kepada pemerintah pusat.

“Kita tunggu, perkembangan COVID-19 ini di Kota Bandung seperti apa,” tuturnya.

Sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana membuka sekolah SMP dan SMA di bulan Juli, sedangkan SD di bulan September. Sementara itu, Gubernur Jabar mewacanakan sekolah dibuka kembali pada Januari 2021 mendatang.

Oded menilai, terkait perbedaan pendapat antara pemerintah pusat dan provinsi menurutnya pemerintah pusat tidak akan asal bicara.

“Begini, kebijakan pusat mereka tidak asal-asalan ngomong. Pasti mereka ada analisa, sementara ini kita masih ikut kebijakan pusat. Tapi kita akan terus beri masukan kepada pemerintah pusat,” ujarnya. (APU)