Usai Dilantik, Dewan Direksi BPR Kota Bandung Diminta Tingkatkan Kinerja

Penjabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin melantik Dewan Direksi Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Kota Bandung di Auditorium Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (9/5/2018).

Bandung – Penjabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin meminta Dewan Direksi Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Kota Bandung terus meningkatkan kinerjanya. Dewan Direksi harus bisa terus mendongkrak performa PD BPR Kota Bandung.

“Mulai hari ini, para direktur harus langsung tancap gas mengejar ketertinggalan. Tidak ada waktu untuk sekadar pengenalan diri atau adaptasi yang terlalu lama,” tegas Solihin saat melantik Dewan Direksi PD BPR Kota Bandung di Auditorium Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana, Rabu (9/5/2018).

Dewan direksi yang dilantik terdiri dari Mochamad Didi Sunardi sebagai Direktur Utama, Dadang Juanda sebagai Direktur Operasional, dan mengukuhkan Rio Zakaria selaku Direktur Sumber Daya Manusia, Kepatuhan, dan Manajemen Resiko. Dengan begitu, posisi Dewan Direksi PD BPR sudah terisi penuh setelah mengalami kekosongan selama satu tahun.

Solihin mengatakan, BPR Kota Bandung berdiri pada dua sisi yang berbeda. Di satu sisi, PD BPR adalah lembaga milik pemerintah yang harus berorientasi pada pelayanan publik Kota Bandung. Di sisi lain, bank tersebut bisa memperoleh laba yang sebesar-besarnya untuk pemasukan daerah.

Untuk itu, Solihin meminta direksi lebih cerdas dalam mengatur strategi perbankan agar kedua prinsip tersebut dapat berjalan beriringan. Ia percaya, direktur yang baru bisa menerjemahkan tantangan itu dengan baik.

“PD BPR ini sebagai perusahaan daerah harus memaksimalkan potensinya sebagai pemasok Pendapatan Asli Daerah. Kita tidak bisa lagi hanya mengandalkan dari pendapatan pajak saja,” katanya dalam rilis Pemerintah Kota Bandung yang diterima prssnibandung.com.

Di masa depan, lanjutnya, perusahaan daerah harus menjadi tulang punggung pendapatan untuk menjalankan roda pembangunan. Maka dari itu, prinsip-prinsip profesionalisme, integritas, dan melayani harus dijalankan.

Solihin juga mengapresiasi Rio Zakaria yang selama ini menjalankan ketiga fungsi direksi sendirian selama setahun.

“Saya mengapresiasi kinerja beliau yang sudah sangat luar biasa bisa menjalankan tiga jabatan direktur sekaligus. Dengan terisinya posisi direktur secara lengkap, saya minta agar seluruh kinerja BPR Kota Bandung bisa ditingkatkan,” tuturnya.***