Unpad Gelar Parade Olah Raga Tradisional Asia dan Olimpiade Olah Raga Tradisional

Logo Asian Games 2018. (Foto: Istimewa)

Bandung – Universitas Padjadjaran (Unpad) menginisiasi kegiatan Pra-Event Asian Games 2018 dalam bentuk Parade Budaya dan Eksebisi Olahraga Tradisional yang akan dilaksanakan di Kota Bandung, Minggu (8/7/2018) mendatang.

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Asian Games 2018 dikemas dalam bentuk Parade Budaya dan Eksebisi Olahraga Tradisional dari 46 Negara peserta Asian Games.

Kegiatan yang akan digelar di Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad Jalan Dipati Ukur Bandung tersebut mengangkat tema “Daya Tradisi Asia dari Tanah Legenda” dan akan diintegrasikan dengan Olimpiade Olahraga Tradisional (OOTrad) dalam rangka Dies Natalis Ke-61 Unpad.

Dalam acara yang akan dibuka Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi ini, rencananya hadir perwakilan kedutaan besar negara-negara Asia (46 Negara Peserta Asian Games 2018), mahasiswa asing Asia, mahasiswa Universitas Padjadjaran dan masyarakat umum sebagai peserta.

Selain sebagai gerbang awal perayaan, promosi dan sosialisasi Asian Games 2018 ini bertujuan memperkenalkan budaya melalui olah raga tradisional yang dimiliki Indonesia khususnya dan negara-negara Asia pada umumnya. Sekaligus sebagai wujud konkrit pelestarian budaya serta tradisi yang dimiliki Indonesia khususnya dan negara-negara Asia pada umumnya.

Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Parade Budaya berupa jalan santai dari perwakilan 46 negara peserta Asian Games 2018 dengan rute dimulai dari Kampus Unpad Jalan Dipati Ukur menuju Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Dayang Sumbi, Cikapayang (Jembatan Pasupati) dan kembali ke Kampus Unpad.

Kegiatan lainnya adalah eksebisi budaya dan olah raga tradisional yang menjadi ciri khas masing-masing negara peserta Asian Games 2018.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung