Universitas Widyatama Gelar Job Fair 2024

KILASBANDUNGNEWS.COM – Ratusan lowongan pekerjaan yang dibuka oleh 41 perusahaan, hadir meramaikan bursa lowongan kerja di Job Fair 2024, yang diadakan oleh Universitas Widyatama Bandung. Job fair ini digelar selama dua hari, yakni Senin (10/6/2024) dan Selasa (11/6/2024), mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Plh Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat, Agus Gumilar mengatakan, sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pihaknya menyambut baik kegiatan Job Fair 2024 tersebut. “Pemerintah Sangat mendukung event tahunan yang digelar oleh Universitas Widyatama sebagai perguruan tinggi yang berakreditasi unggul yang mengimplementasikan lembaga pusat karir yang berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan, dimana mempertemukan antara pencari kerja dengan penyedia lapangan kerja, dinilai sangat positif”.

Menurutnya, kegiatan Job Fair 2024 ini, sesuai dengan kebijakan pemerintah yaitu Permendikbud Ristek Nomor 35 Tahun, bahwa perguruan tinggi itu harus selalu melakukan evaluasi pencapaian pembelajaran para lulusannya, agar mereka nantinya terserap oleh dunia industry dan usaha.

Sementara itu Rektor Universitas Widyatama, Profesor Dadang Suganda mendukung penuh dugelarnya Job Fair 2024 ini. Pasalnya, kegiatan tersebut lengkah strategis untuk melihat sempai sejauh mana lulusan perguruan tinggi dan sekolah-sekolah bisa menyesuaikan denga kebutuhan pasar dan industry. Menurut Prof Dadang, pihaknya selalu lakukan evaluasi kurikulum guna dapat terserap lulusan Widyatama oleh dunia usaha dan industri. Pihak universitas pun bersiap jika memang ada kompetensi-kompetensi yang mesti dipelajari oleh para mahasiswa Widyatama agar mampu terhubung dengan dunia usaha ketika lulus nanti.

“Saya setuju dengan kebijakan yang sering diwacanakan, yakni kurikulum itu didukung dunia kerja dan dunia industri, dan mahasiswa yang mendaftar itu yang best practice di lapangan. Alhamdulillah daya serap lulusan Widyatama bisa capai 50-60 persen, yang artinya apa yang dibangun ini sesuai kebutuhan, dan lamanya lulusan kami menganggur berharap paling lama tiga bulan setelah mereka lulus,” ucapnya.

Sementara itu secara terpisah Kepala Biro Karis Universitas Widyatama Pipin Sukandi selaku Ketua Panitia Job Fair 2024 menyebutkan, bahwa bahwa kegiatan yang digelar selama 2 hari ini, adalah sebagai bentuk komitmen dalam membantu para pencari kerja, khususnya bagi para lulusan Universitas Widyatama untuk mendapatkan pekerjaannya. “Job fair ini terbuka untuk umum dengan target lulusan SMA/SMK, D1-D4, S1-S3, dan tentunya gratis namun tetap harus registrasi di pintu masuk,” katanya. Para pencari kerja pun diminta sebelum datang ke job fair tersebut, untuk mempersiapkan CV mereka baik bentuk soft file maupun hard file, serta berpakaian rapi. Pasalnya, kata Pipin, ada beberapa perusahaan yang memang langsung melakukan interview di lokasi.

Lebih lanjut Pipin menambahkan, yang istimewa dari Job Faor 2024 kali ini, yaitu ada perusahaan yang memberikan peluang bagi para pencari kerja dari kalangan penyandang disabilitas. (Yudi Dirgantara)