Terapkan Bisnis Ramah Lingkungan, Bio Farma Raih Penghargaan dari Badan POM

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bio Farma, Induk Holding BUMN Farmasi meraih penghargaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk Keberlanjutan Lingkungan di Industri Farmasi dan Makanan 2023 kategori Titanium yang merupakan kateogri tertinggi pada acara puncak Memperingati World Environment Day dengan tema “Menuju Sustainable Corporate Governance” yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Penny K. Lukito menyampaikan bahwa Badan POM bersama Industri Obat dan Makanan akan menjadi bagian terdepan untuk mengawal sustainability lingkungan.

“Kami berkomitmen dalam mendukung keberlanjutan produksi, konsumsi obat dan makanan berkelanjutan untuk Indonesia Maju dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023″ ucap Penny.

Menurut Penny, jumlah industri obat dan makanan di Indonesia yang relatif banyak menuntut metode konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

“Obat dan makanan adalah komoditas hasil dari aktivitas manusia yang dapat berdampak terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya menyampaikan bahwa Bio Farma memiliki komitmen yang sama dengan Badan POM dalam mendukung produksi obat berkelanjutan yang ramah lingkungan.

“Penghargaan yang diterima oleh Bio Farma ini membuktikan komitmen Bio Farma turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui proses bisnis ramah lingkungan dalam keseluruhan rantai nilai” papar Shadiq.

Menurut Shadiq, Bio Farma berupaya menjaga kelestarian lingkungan dalam proses bisnis perusahaan dari hulu ke hilir dalam keseluruhan proses; mulai dari proses seleksi pemasok, produksi, formulasi, filling, packaging, hingga penanganan produk jadi.

“Penggunaan bahan baku yang lebih ramah lingkungan, pemanfaatan energi terbarukan, penggunaan teknologi pengolahan limbah yang lebih efisien, pengurangan emisi gas rumah kaca, dan lain-lain” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Medis dan Hubungan Kelembagaan Bio Farma, Sri Harsi Teteki saat menerima penghargaan menyampaikan bahwa Bio Farma berkomitmen tinggi dalam menjalankan aktivitas operasi yang ramah lingkungan untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam.

“Bio Farma menyadari dampak operasinya terhadap lingkungan. Untuk menjaga kelestarian lingkungan, Bio Farma menerapkan standar kepatuhan beyond compliance dalam pengelolaan lingkungan serta mengintegrasikan kebijakan ramah lingkungan dalam seluruh kegiatan operasional Perusahaan” ungkap Sri Harsi. (Parno)