Seluruh Balita Harus Dipastikan Peroleh Vitamin A

Wali Kota Bandung Oded M. Danial memberikan vitamin A kepada balita di Posyandu Sejahtera RW 03, Jalan Pandu Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo Kota Bandung, Selasa (18/2/2020). (Foto: Humas Pemkot Bandung)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wali Kota Bandung, Oded M Danial meminta kewilayahan memastikan seluruh balita memperoleh Vitamin A. Hal itu agar anak-anak di Kota Bandung memperoleh gizi yang cukup dan terhindari dari stunting.

Oded melontarkan hal itu usai menghadiri acara pemberian vitamin A kepada balita di Posyandu Sejahtera RW 03, Jalan Pandu Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo Kota Bandung, Selasa (18/2/2020).

“Pemberian vitamin A ini satu tahun dua kali, di bulan Februari dan bulan Agustus. Saya harap dengan upaya ini, anak-anak bisa makan makanan yang bergizi,” ujarnya.

Oded menegaskan, Pemkot Bandung bertekad untuk mencegah stunting terhadap anak-anak. Anak-anak di Kota Bandung harus menjadi bibit unggul. Sehingga menjadi bonus demograsi di tahun 2045.

“Ini dalam rangka merespon positif dalam bonus demografi pada tahun 2045. Karena nantinya, anak-anak ini manjadi generasi pengganti kita memimpin indonesia. Maka harus disiapkan mulai dari sekarang kesehatannya,” bebernya.

Untuk pemenuhan asupan bergizi, Oded mendorong agar warga Bandung untuk mandiri bercocok taman di rumah masing-masing.

“Harus memiliki semangat. Generasi sehat itu jasmani dan rohaninya. Jasmani itu jangan ada stunting. Caranya adalah memberikan suplai makanan yang bergizi, salah satunya dengan bercocok tanam di rumah masing-masing makan, seperti sayuran dan buah-buahan,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded mengatakan, pemahaman keluarga sangat penting dalam memberikan kesehatan kepada anak. Salah satunya dengan memberikan vitamin A.

Umi pun mengapresiasi hadirnya Posyandu di tengah-tengah masyarakat. Posyandu mampu memberikan pelayanan kesehatan bagi anak-anak bahkan lansia.

“Posyandu menjadi unit yang terus berdenyut. Posyandu hadir untuk memastikan balita memperoleh makanan bergizi yang sehat dan aman. Protein yang cukup sayur dan buah,” katanya.

Di tempat yang sama, Camat Cicendo, Bira Gumbira mengungkapkan, Kecamatan Cicendo siap melaksanakan Bulan Vitamin A tersebut. Dari jumlah 75 Posyandu yang berada di Kecamatan Cicendo, sebanyak 64 posyandu dan Puskesmas Pasirkaliki dan Puskesmas Sukaraja telah melaksanakannya.

“Kita dorong terus warga untuk rutin mengecek balitanya ke puskesmas,” tuturnya. (rls)