Sektor Riil Percepat Pemulihan Perekonomian

Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia atau ISEI Jawa Barat, Aldrin Herwany.

KILASBANDUNGNEWS.COM – Langkah pemulihan ekonomi oleh pemerintah di masa pendemi Covid-19 saat ini, sudah on the track. Demikian dikemukakan dosen Universitas Padjadjaran yang juga Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia atau ISEI Jawa Barat, Aldrin Herwany, dalam webinar bertema “Peran OJK dalam Pemulihan Ekonomi dan Ketahanan Sektor Jasa Keuangan,” Kamis (27/08/2020).

Aldrin mengharapkan, pemerintah harus lebih fokus pada sektor riil, karena akan lebih cepat dalam menggerakan sektor lainnya pasca Covid-19 ini.

“Jika sektor riil kembali berjalan maka sektor jasa keuangan pun akan kembali menggeliat dan jika sektor riil tidak kembali bergerak dikhawatirkan NPL industri jasa keuangan akan melonjak tajam diakhir tahun 2020 yang bisa mencapai 7,5%,” ucapnya.

Aldrin menyatakan, sampai saat ini kita belum tahu kapan pandemi Covid-19 ini akan berkahir karenanya semua sektor dan semua pemangku kebijakan harus fokus dan sinergis dalam pemulihan ekonomi dengan fokus pada sektor ril.

“Jika sektor riil kembali berjalan maka sektor jasa keuangan dipastikan akan kembali berjalan karena jika sektor riil tidak bergerak dihawatirkan NPL industri jasa keuangan akan melonjak tajam diakhir tahun 2020, yang bisa mencapai 7,5%,” imbuhnya. (Parno)